Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APJI Bali dan Artha Graha Dorong Kapasitas UMKM Jasaboga

Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia Bali bekerja sama dengan Bank Artha Graha berupaya meningkatkan kapasitas usaha mikro kecil menengah dan petani-peternak untuk memperluas pasar pendukung pariwisata.
Ilustrasi/Antara-Arif Firmansyah
Ilustrasi/Antara-Arif Firmansyah

Kabar24.com, DENPASAR—Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia Bali bekerja sama dengan Bank Artha Graha berupaya meningkatkan kapasitas usaha mikro kecil menengah dan petani-peternak untuk memperluas pasar pendukung pariwisata.

Ketua Harian DPD Asosiasi Pengusaha Jasaboga Indonesia (APJI) Bali Ari Prima mengatakan akan mengajak para pelaku UMKM bidang jasaboga, petani, dan peternak pemasok bahan baku makanan dan minuman untuk mengikuti berbagai program asosiasi yang didukung bank mitra ini.

“APJI Bali memberikan rekomendasi kepada anggota yang ingin mendapatkan pendanaan kredit usaha rakyat sekaligus pendampingan dari Bank Artha Graha,” katanya, Jumat (9/3/2018).

Menurut Ari para petani dan peternak yang selama ini memasok kebutuhan masyarakat maupun keperluan industri pariwisata perlu mendapatkan pendampingan untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan maupun produksi.

Selain itu, perlu mendekatkan rantai distribusi dari hulu ke hilir agar tidak terjadi kesenjangan harga yang tinggi. Upaya ini, kata Ari, juga menyelamatkan petani dan peternak dari tekanan para tengkulak yang sangat merugikan selama ini.

Kata Ari pelaku UMKM terkait jasaboga dan usaha turunan seperti resotran, kafe, katering, penjual peralatan memasak, pemasok bahan baku, hingga chef bisa menjadi anggota dan memanfaatkan fasilitas KUR.

Ari mengatakan pelaku usaha yang telah mengikuti perkumpulan lain seperti asosiasi katering, PHRI, dan yang lain, tak perlu melepaskan keanggotaan yang lama kendati masuk APJI.

“Kami ingin membangun jejaring yang lebih luas untuk memperkenalkan dan meningkatkan peran jasaboga ke ranah yang lebih luas, bahkan jika memungkinkan mengikuti festival kuliner di tingkat internasional,” katanya.

Ari menjelaskan APJI telah mengantongi rekomendasi untuk menangani jamuan kenegaraan, istana kepresidenan, dan aktivitas kembaga perintah lainnya.

Kata dia karena keanggotaan di Bali masih mencapai puluhan, bakal digelar Food Art Festival di Pantai Mertasari Sanur pada April-Mei 2019 mendatang.

Selain menampilkan seluruh aktivitas dan produk anggota, ajang ini juga untuk memperkenalkan kiprah APJI Balidan menjaring anggota lebih banyak lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper