Skor Indonesia dalam Indeks Korupsi 2017 Masih Stagnan

Skor Indonesia dalam Corruption Perception Index (CPI) 2017 adalah 37 dan berada di peringkat 96 dari 180 negara yang disurvei.
Amanda Kusumawardhani | 22 Februari 2018 14:41 WIB
Pekerja membersihkan logo Komisi Pemberantasan Korupsi di gedung KPK, Jakarta, Senin (5/2)./ANTARA FOTO - Muhammad Adimaja

Kabar24.com, JAKARTA--Skor Indonesia dalam Corruption Perception Index (CPI) 2017 adalah 37 dan berada di peringkat 96 dari 180 negara yang disurvei.

Sayangnya, skor CPI 2017 untuk Indonesia berada di poin yang sama pada 2016 yakni 37. Skor CPI berada pada rentang 0-100 dengan 0 menunjukkan persepsi sangat korup hingga 100 dipersepsikan bersih dari korupsi.

"CPI Indonesia tahun 2017 berada di skor 37. Angka ini sama dengan perolehan skor tahun 2016. Hal ini menunjukkan stagnasi upaya berbagai pihak, khususnya pemerintah, kalangan politisi, pebisnis dalam usaha pencegahan dan pemberantasan korupsi di Indonesia," kata Wawan Suyatmiko, peneliti Transparency International Indonesia (TII) di Jakarta, Kamis (22/2).

Dalam mengukur skor CPI 2017, terdapat 4 sumber data yang menyumbang kenaikan CPI (World Economic Forum, Global Insight Country Risk Ratings, Bertelsmann Foundation Transformation Index, IMD World Competitiveness Yearbook), dua mengalami stagnasi (Economist Intelligence Unit Country Ratings, Political Risk Service), dan dua mengalami penurunan (World Justice Project, Political & Economic Risk Consultancy).

"Peningkatan terbesar dikontribusikan oleh paket kemudahan berusaha, dan penurunan terbesar disumbang oleh praktik korupsi di sektor eksekutif,legislatif, dan peradilan," ucapnya.

Menurutnya,publik menunggu keseriusan pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan korupsi di Indonesia. Tetapi,pemerintah dinilainya belum berhasil mencapai target sasaran jangka menengah yakni peningkatan CPI sebesar 65 pada 2019.

Upaya revisi target dan upaya penguatan program pencegahan dan pemberantasan korupsi juga tidak terlihat karena lambannya revisi Peraturan Presiden 55 Tahun 2012.

Di lain pihak,Felia Salim,Chair of Executive Board TII menambahkan stagnasi skor CPI 2017 ini menunjukkan kemudahan berbisnis tidak otomatis menggenjot CPI jika tidak diikuti dengan upaya serius dalam memutus relasi korupsi antara pejabat negara dengan pebisnis.

Tag : korupsi
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top