Pelajaran dari Kasus Abu Tour, Jangan Mudah Tergiur Promo Umrah Murah

Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatra Selatan mengingatkan umat Islam di daerahnya untuk berhati-hati dalam memilih travel umrah supaya tidak tertipu.
JIBI | 19 Februari 2018 08:40 WIB
Calon jemaah umrah berada di ruang tunggu saat meminta kejelasan keberangkatan dari pihak travel Abutours Cabang Kendari, di Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (15/2). - ANTARA/Jojon

Bisnis.com, PALEMBANG - Kantor Kementerian Agama Provinsi Sumatra Selatan mengingatkan umat Islam di daerahnya untuk berhati-hati dalam memilih travel umrah supaya tidak tertipu.

Kasubag Humas Kanwil Kemenang Sumsel Saefudin Latief, di Palembang, Senin (19/2/2018), mengatakan bahwa sekarang ini banyak travel atau biro perjalanan haji dan umrah yang menawarlan paket promosi dengan biaya murah. "Jadi, bila memilih travel untuk beribadah perlu teliti terlebih dahulu," ujarnya.

Dia mengingatkan, jangan sampai travel yang dipilih tidak memiliki izin karena itu merupakan hal utama. Begitu juga bila ada pemberangkatan promo, maka perlu dipertanyakan secara teliti biaya pemberangkatan murah tersebut dari mana, ujarnya lagi.

Dia mengatakan, bila perlu umat Islam berkoordinasi dengan Kementerian Agama setempat untuk memilih travel bila ingin pergi umrah. "Apalagi sekarang ini banyak jemaah calon umrah tertipu karena gagal berangkat akibat memilih travel kurang tepat," katanya.

Oleh karena itu, pihaknya akan berupaya memanggil kembali pengurus travel tersebut dan membuka posko pengaduan untuk menampung permasalahan jemaah yang gagal berangkat berumrah.

Beberapa waktu lalu ratusan umat Islam di Sumsel gagal berangkat umrah melalui travel Abu Tour. Dengan demikian, dia berharap kejadian itu jangan terulang kembali.

Tag : penipuan, travel, Ibadah Haji, umrah
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top