Hari Terakhir Jadi Gubernur Jateng, Ganjar Lantik 5 Bupati & Walikota

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, melantik lima penjabat bupati dan wali kota yang daerahnya menggelar Pilkada 2018, di Gedung Gradhika Bakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Rabu (14/2/2018).
Alif Nazzala Rizqi | 14 Februari 2018 17:45 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo Saat Melakukan Pelantikan Bupati dan Walikota

Kabar24..com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, melantik lima penjabat bupati dan wali kota yang daerahnya menggelar Pilkada 2018, di Gedung Gradhika Bakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jateng, Semarang, Rabu (14/2/2018).

Pelantikan itu dilakukan sebelum Ganjar melakukan cuti untuk keperluan kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur pada bulan Juni nanti.

"Saya ambil (pelantikan) hari ini karena bertepatan dengan Hari Valentine. Semoga para penjabat juga bisa mencintai masyarakatnya. Agar bisa mencintai daerah dengan baik, maka layanilah rakyat di tempat bapak masing-masing dengan baik," kata Ganjar dalam pelantikan bupati dan walikota.

Kelima pejabat Pemprov Jateng yang dilantik menjadi penjabat kepala daerah itu, yakni Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag), Priyo Anggoro Budi Raharjo sebagai pelaksana tugas (Plt) Bupati Karanganyar, Nugroho Rahmadi selaku Kepala Satuan Polisi Pamong Praja sebagai Plt Bupati Tegal.

Adapun Tavip Supriyanto Kepala Biro Administrasi Pembangunan Daerah Sekretaris Daerah Provinsi Jateng yang dilantik sebagai Plt Bupati Magelang, Kepala Kesbangpol Jateng, Ahmad Rofai sebagai Plt Wali Kota Tegal, dan Sudaryanto selaku Kepala Dispermades sebagai Plt Bupati Temanggung.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga berpesan agar penjabat sementara mampu mempertahankan kinerja daerah yang dipimpinnya atau bahkan bisa memajukan prestasi daerah.

"Dijaga jangan sampai turun. Insya Allah teman-teman penjabat sementara ini tidak akan mengacak-acak," tambahnya.

Selain itu, Ia juga berpesan agar para penjabat kepala daerah memperhatikan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM). Politikus PDIP itu turut menginstruksikan agar anggaran dana desa diawasi.

"APBDes Rp853 juta per desa agar dimaksimalkan. IVA Test kit dorong, angka kematian ibu melahirkan ditekan. Pengelolaan pemerintah kita terbaik kedua se-Indonesia harus dipertahankan," ujar politikus PDI Perjuangan tersebut.

Terakhir, gubernur berambut putih itu meminta para penjabat melakukan silaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat di daerahnya guna terciptanya pilkada yang aman dan damai.

Para penjabat sementara itu akan melaksanakan tugasnya usai petahana mengambil cuti di luar tanggungan negara tanggal 15 Februari hingga 23 Juni 2018.

Ganjar sendiri yang diketahui maju sebagai Gubernur Jawa Tengah pada pilgub tahun ini juga akan memulai masa cuti di luar tanggungan negara besok Kamis (15/2/2018).

Tag : gubernur jateng, ganjar pranowo
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top