Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILGUB JATIM 2018: "Tim Sukses" Gunakan Nama Gus Ipul Untuk Menipu

Pemilihan Kepala Daerah atau Pilgub Jatim 2018 selain dibayangi persaingan ketat antara Gus Ipul dan Khofifah ternyata juga dimanfaatkan penipu yang mengaku sebagai tim sukses.
Ilustrasi:  Wagub Jatim Syaifullah Yusuf (kiri) dan KSAL Laksamana Marsetio (kedua kiri) saat menyerahkan potret Bung Tomo kepada Sulistina Sutomo (duduk di kursi roda) di Surbaya. Nampak Bambang Sulistomo mendorong kursi roda ibundanya./Antara-Risyal Hidayat
Ilustrasi: Wagub Jatim Syaifullah Yusuf (kiri) dan KSAL Laksamana Marsetio (kedua kiri) saat menyerahkan potret Bung Tomo kepada Sulistina Sutomo (duduk di kursi roda) di Surbaya. Nampak Bambang Sulistomo mendorong kursi roda ibundanya./Antara-Risyal Hidayat

Kabar24.com, SURABAYA - Pemilihan Kepala Daerah atau Pilgub Jatim 2018 selain dibayangi persaingan ketat antara Gus Ipul dan Khofifah ternyata juga dimanfaatkan penipu.

Penipu yang mengaku sebagai tim sukses ini mencatut nama Gus Ipul untuk melakukan aksinya.

Bakal calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau akrab disapa Gus Ipul mengaku terkejut atas pemanfaatan namanya dalam modus dugaan penipuan oleh pihak yang mengatasnamakan tim sukses.

"Saya kaget mendengar informasi tersebut dari media bahwa nama saya digunakan pihak tak bertanggung jawab," ujar Gus Ipul ketika dikonfirmasi wartawan di Surabaya, Jumat (29/12/2017).

Menurut dia, pencatutan nama sangat disesalkan karena dimanfaatkan untuk melakukan dugaan penipuan terhadap orang banyak, terlebih menjelang Pilkada Jatim 2018.

Bacagub yang juga Wakil Gubernur Jatim itu menegaskan bahwa tim relawan yang dibentuknya tak akan meminta uang serupiah pun, sehingga jika ada yang meminta biaya, maka dipastikan bukan tim relawannya.

"Ke depan, masyarakat harus lebih waspada karena banyak sekali modus yang dilakukan pihak tak bertanggung jawab untuk mengeruk kepentingan pribadi," ucap pasangan Abdullah Azwar Anas di Pilkada serentak 27 Juni 2018 tersebut.

Selain itu, mantan Menteri Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut mengapresiasi aparat kepolisian karena langsung mengusut kasusnya.

"Terima kasih kepada kepolisian yang langsung bertindak dan kami harap kasus ini diusut sampai tuntas. Kasihan masyarakat yang menjadi korban," kata pesaing Khofifah ini.

Sementara itu, Kapolsek Rungkut Komisaris Polisi Esti Setija Oetami mengaku mendengar informasi tentang ratusan warga di kawasan Rungkut Kidul Gang Kauman Surabaya yang ribut setelah tertipu oleh seseorang mengatasnamakan sebagai tim sukses Gus Ipul.

Polisi mendata jumlah korban sebanyak 147 orang. Diperoleh keterangan, pelaku penipuan diduga berinisial ES, yang tercatat sebagai residivis dan telah berkali-kali keluar masuk penjara atas kasus serupa.

Terhadap ratusan warga Rungkut Kidul Gang Kauman Surabaya, ES menjanjikan akan memberi bantuan uang senilai masing-masing Rp15 juta ke setiap orang.

"Warga yang tertipu ini adalah pelaku usaha kecil menengah. Mereka dijanjikan mendapat bantuan uang usaha masing-masing Rp15 juta, tapi syaratnya harus membuka rekening di Bank Mandiri senilai Rp500 ribu. Selain itu, warga nantinya diwajibkan memilih calon gubernur yang telah memberi bantuan uang tersebut," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper