Rating Smart City: Siapa Saja Kota Peraih Penghargaan?

Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan penghargaan kepada 15 kota terbaik yang masuk dalam kategori utama Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017 atau smart city.
Irene Agustine | 11 Desember 2017 17:18 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kanan) saat menyerahkan penghargaan rating smart city - Bisnis/Irene Agustine

Kabar24.com, JAKARTA — Wakil Presiden Jusuf Kalla memberikan penghargaan kepada 15 kota terbaik yang masuk dalam kategori utama Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) 2017 atau smart city.

Acara tersebut digelar di Istana Wakil Presiden, Senin (11/12/2017) dan akan dilanjutkan di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan.

Ke-15 kota yang mendapat penghargaan dikelompokkan tiga jenis kota, yakni kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Kota besar yang mendapat penghargaan di antaranya Surabaya, Bandung, Semarang, Bekasi, dan Tangerang Selatan.

Kota Sedang dicapai oleh Denpasar, Binjai, Manado, Yogyakarta, Kediri. Sementara itu, Kota Kecil terdiri dari Magelang, Sawahlunto, Bontang, Tual, Bukittinggi

RKCI merupakan kegiatan yang dilakukan untuk melakukan pemetaan sehingga tiap kota mampu menjadi Kota Cerdas berdasarkan potensi dan karakternya masing-masing. Kegiatan pemetaan ini merupakan kegiatan 2 tahunan dan dimulai pertama kali pada tahun 2015.

Pemetaan dilakukan dengan menilai kondisi kota berdasarkan elemen kualitas hidup (ekonomi, sosial, lingkungan) dan elemen pemungkin (tata kelola, infrastruktur dan teknologi, masyarakat).

Pemetaan ini dilakukan melalui evaluasi mandiri oleh pemerintah kota dan kunjungan langsung ke pemerintah kota dan survei masyarakat (n=400) di beberapa kota terpilih.

Dalam mengetahui efisiensi dan efektivitas kota dengan cara cerdas, pemetaan dilakukan oleh Institut Teknologi Bandung didukung oleh APEKSI, BRI serta Indosat. Turut hadir mendampingi Wapres JK Menristek Dikti M. Nasir dan Menkominfo Rudiantara.

Tag : jusuf kalla, smart city
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top