Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SAIL SABANG 2017: Hujan, Waktu Pembukaan Diundur

Pembukaan puncak pelaksanaan Sail Sabang yang dijadwalkan dimulai pukul 8.00 pagi ini terlambat akibat hujan yang terus membasahi bumi Sabang dari semalam.
Pembukaan Sail Sabang 2017/Rahayuningsih
Pembukaan Sail Sabang 2017/Rahayuningsih

Bisnis.com, SABANG-- Pembukaan puncak pelaksanaan Sail Sabang yang dijadwalkan dimulai pukul 8.00 pagi ini terlambat akibat hujan yang terus membasahi bumi Sabang dari semalam.

Meski demikian, acara yang rencananya akan dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla ini sudah mulai dipadati oleh tamu undangan.

Sebagaimana diketahui, memasuki Desember, cuaca di beberapa wilayah di Indonesia termasuk Aceh cenderung kurang bersahabat.

BMKG Aceh pagi ini juga kembali mengeluarkan peringatan dini mengenai cuaca di beberapa kawasan di Provinsi Aceh. BMKG memperingatkan akan terjadi hujan dengan intensitas sedang yang bisa disertai kilat atau petir, dan angin kencang. Wilayah yang patut mewaspadai kondisi itu adalah Sabang, Banda Aceh, Aceh Besar, Pidie Jaya, Sinabang.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap event Sail Sabang bisa memberikan dampak positif kepada masyarakat Sabang, Provinsi Aceh.

"Sesuai instruksi bapak Presiden Joko Widodo, bahwa Sail itu jangan hanya sebuah seremoni, namun harus berdampak positif kepada masyarakat dan bisa mensejahterakan rakyat. Ini harus terjadi di Sail Sabang 2017," ujar Menpar Arief saat acara jumpa pers jelang acara puncak Sail Sabang di CT-3 Terminal, Sabang, 30 November 2017.

"Ini Sail Sabang terbesar karena ada tiga hal, yakni karena peserta yang terbanyak, penonton terbanyak, dan rangkaian event yang juga terbanyak. Maka ini menjadi event Sail Sabang terbesar di Indonesia," ujar Menpar Arief.

Menpar memaparkan, mengapa menjadi yang terbanyak, karena Sail yang ke-9 di Tanah Air ini selain menghadirkan dua kapal kebanggan yakni Bima Suci dan Dewa Ruci, perhelatan yang dimulai sejak 28 November sampai dengan 5 Desember 2017 itu juga disambangi kapal Cruise Victoria yang membawa ribuan wisatawan dan juga 100 kapal yachter dari berbagai negara yang bersandar ke Sail Sabang.

"Apalagi kapal pesiar ini punya spent money yang tinggi, yakni US$100.000, yang pasti dampaknya langsung kepada masyarakat Sabang," ujar Menpar.

Arif mengatakan bahwa data yang sudah didapat jumlah penonton sampai dengan 30 November mencapai 20.000 orang "Dari jumlah tersebut, 15% nya adalah wisatawan mancanegara."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rahayuningsih
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper