Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Makna 10 Tumpeng di Syukuran Pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono

Pemerintah DIY akan menggelar syukuran atas pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kanjeng Gusti Puro Paku Alam X sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY 2017-2022 di Bangsal Kepatihan Komplek Kantor Gubernur DIY Jumat (20/10/2017).
Tumpeng/Istimewa
Tumpeng/Istimewa

Kabar24.com, YOGYAKARTA - Pemerintah DIY akan menggelar syukuran atas pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono X dan Kanjeng Gusti Puro Paku Alam X sebagai gubernur dan wakil gubernur DIY 2017-2022 di Bangsal Kepatihan Komplek Kantor Gubernur DIY Jumat  (20/10/2017).

Dalam perayaan itu disediakan 10 buah tumpeng yang terdiri dari lima jenis tumpeng. Meliputi Tumpeng Sangga Buwana, Tumpeng Kendhit, Tumpeng Robyong, Tumpeng Urubing Damar dan Tumpeng Punar.

“Masing-masing tumpeng memiliki makna sendiri,” ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Dinas Komunikasi dan Informatika DIY, Amiarsi Harwani Kamis (19/10/2017).

1.Tumpeng Sangga Buwana dalam hal ini sebagai simbol dari derajat manusia adalah paling tinggi dalam kehidupan di alam semesta, dalam hal ini dapat juga diartikan sebagi simbol seorang raja, yang memiliki derajat paling tinggi dari manusia biasa.

Tumpeng tersebut terletak pada selembar alas berupa telur dadar yang berbentuk bulat dan diameternya lebih besar dari tumpeng yang ada di atasnya.

Tumpeng itu mengandung makna bahwa dalam hal ini manusia wajib menyelaraskan segala kehidupan di alam semesta sehingga tidak terjadi kerusakan (jasmani dan rohani, lahir dan batin, fisik dan virtual).

Telur di sini dimaknai sebagi awal dari kehidupan yang setelah mengalami berbagai macam pengalaman (pendadaran) menjadi sesuatu yang gumelar (siap dengan berbagai ketangguhan dalam menghadapi sesuatu).

Makna 10 Tumpeng di Syukuran Pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono

2.Tumpeng Kendhit, terbuat dari nasi putih yang di tengah badan tumpengnya ditetesi dengan air kunyit melingkar mengelilingi tumpeng. Tumpeng ini merupakan simbol dari keberhasilan manusia dalam mengatasi semua masalah, halangan, rintangan, dan kesulitan.

3.Tumpeng Robyong merupakan simbol bahwa si pemangku hajat mampu mencapai keberhasilan karena didukung oleh keluarga, sanak saudara dan masyarakat.

4.Tumpeng Urubing Damar, merupakan simbol dari sikap dan sifat seorang prmimpin yang mampu memberi berbagai cara untuk mengatasi permasalahan dan memberi pencerahan kepada masyarakat.

Hal ini ditunjukkan dengan ditancapkannya lidi berujung kapas yan dibasahi minyak sehingga menyala kearah empat penjuru mata angin, demikian juga keatas (ke hadirat Yang Maha Kuasa). Telur dadar yang ditutupkan pada puncak tumpeng merupakan simbol sang pemimpin adalah melindungi rakyatnya (sebagai pengayom).

Keempat tumpeng tersebut masih dilengkapi dengan tujuh macam lauk-pauk yang masing-masing mempunyai makna. Lauk yang berjumlah tujuh (pitu) merupakan simbol permohonan bantuan perlindungan kepada Yang Maha Kuasa (pitulungan).

Makna 10 Tumpeng di Syukuran Pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono

5. Tumpeng Punar terbuat dari nasi kuning yang merupakan simbol dari kebesaran tekad untuk mencapai kebahagiaan. Tumpeng ini juga digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur atas anugrah yang diterima dari YME.

Tumpeng ini juga dilengkapi dengan tujuh macam lauk-pauk yang apabila dinikmati bersama-sama dengan nasi kuning merupakan simbol harmoni dalam kehidupan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper