Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Trump Akan Tentukan Calon Gubernur The Fed Pilihannya Bulan Ini

Presiden Amerika Serikat Donald Trump selama beberapa pekan ke depan bakal menentukan calon Gubernur Bank Sentral AS (The Federal Reserve) pilihannya setelah masa jabatan Janet Yellen akan habis pada 3 Februari 2018.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump./REUTERS-Jonathan Ernst
Presiden Amerika Serikat Donald Trump./REUTERS-Jonathan Ernst

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Amerika Serikat Donald Trump selama beberapa pekan ke depan bakal menentukan calon Gubernur Bank Sentral AS (The Federal Reserve) pilihannya setelah masa jabatan Janet Yellen akan habis pada 3 Februari 2018.

Tiga pejabat pemerintahan AS mengatakan, Trump dan  Menteri Keuangan Steven Mnuchin telah menggelar pertemuan sejak Rabu (28/9). Kala itu mereka mewawancarai mantan anggota Dewan Gubernur The Fed Kevin Warsh.

Sementara itu pada Kamis (29/9) keduanya juga mewawancarai anggota Dewan Gubernur The Fed Jerome Powell, Gubernur The Fed saat ini Janet Yellen, dan penasihat ekonomi Gedung Putih Gary Cohn.

Selain kempat calon tersebut, Trump juga disebut telah mendapat masukan dan usulan nama-nama lain calon pemimpin otoritas moneter AS tersebut. Hanya saja pejabat pemberi informasi tersebut enggan menyebutkan identitas kandidat lainnya.

"Saya sudah menggelar empat pertemuan untuk mencari Ketua The Fed periode selanjutnya, dan saya akan mengambil keputusan selama dua atau tiga minggu ke depan," kata Trump, seperti dikutip dari Bloomberg, Minggu, (1/10/2017).

Adapun, isu yang berhembus belakangan ini menyebutkan ekonom Stanford John Taylor, mantan CEO BB & T Corp John Allison, dan ekonom Columbia University Glenn Hubbard adalah kandidat Gubernur The Fed selain empat nama di atas.

Trump mengatakan, proses seleksi Gubernur The Fed adalah salah satu pekerjaan yang paling penting baginya. Pasalnya, kebijakan moneter Bank Sentral AS, seperti pelonggaran kredit, selama ini sangat membantu ekonomi nasional. Salah satu keberhasilan The Fed adalah mengurangi pengangguran ke level terendah sejak 16 tahun terakhir.

Namun demikian, calon pemimpin The Fed pilihan Trump nantinya akan diseleksi kembali oleh Senat AS. Terpilih atau tidaknya calon tersebut akan sangat bergantung kepada putusan kubu legislatif AS tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper