TRAVEL BAN : Malaysia Larang Warganya Bepergian ke Korea Utara

Pemerintah Malaysia mengeluarkan larangan melakukan perjalanan (travel ban) ke Korea Utara bagi seluruh warganya.
Renat Sofie Andriani | 28 September 2017 16:58 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memimpin rapat perang untuk peluncuran rudal jarak menengah ke dekat wilayah AS di Pasifik, Guam. - KCNA

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah Malaysia mengeluarkan larangan melakukan perjalanan atau travel ban ke Korea Utara bagi seluruh warganya.

Larangan ini dikeluarkan seiring meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea akibat pengembangan rudal dan nuklir oleh pemerintah Pyongyang.

Malaysia adalah salah satu dari sedikit negara yang masih memiliki hubungan diplomatik dengan Korea Utara.Namun hubungan tersebut mulai tegang awal tahun ini pascaterbunuhnya Kim Jong Nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur.

Kim Jong Nam, putra sulung mendiang pemimpin Korut Kim Jong Il sekaligus kakak tiri diktator Korea Utara Kim Jong Un, dibunuh di bandara Kuala Lumpur pada 13 Februari. Pihak kepolisian Malaysia telah mengungkapkan racun VX sebagai senjata yang digunakan dalam membunuh Kim Jong Nam.

Sejumlah analis dan pejabat Korea Selatan berspekulasi bahwa Kim Jong Un berada di belakang pembunuhan kakak tirinya itu.

Kasus terbunuhnya Kim Jong Nam serta upaya Malaysia untuk menyelidiki sejumlah warga Korea Utara pun telah memicu ketegangan diplomatik antara kedua negara yang pernah menjalin hubungan erat.

“Larangan perjalanan tersebut akan ditinjau kembali setelah situasi kembali normal,” jelas pihak kementerian luar negeri Malaysia dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (28/9/2017).

Sumber : Reuters

Tag : korea utara, malaysia
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top