DATA STATISTIK : BPS Jateng Hadirkan Aplikasi Berbasis Android

Badan Pusat Statistik Jawa Tengah (BPS Jateng) menghadirkan aplikasi berbasis Android untuk mempermudah optimalisasi data oleh pengguna.nn
Anggara Pernando | 25 September 2017 18:42 WIB
Karyawan melintas di dekat logo Badan Pusat Statistik (BPS) di Jakarta, Selasa (2/5). - JIBI/Nurul Hidayat

Bisnis.com, SEMARANG – Badan Pusat Statistik Jawa Tengah (BPS Jateng) menghadirkan aplikasi berbasis Android untuk mempermudah optimalisasi data oleh pengguna.

Kepala BPS Jateng Margo Yuwono mengatakan aplikasi yang dinamai ‘One Touch Statistics Jawa Tengah’ ini diharapkan dapat memudahkan para pemangku kepentingan membaca potret realitas di tengah masyarakat yang tampil melalui data statistik.

“Melalui aplikasi membantu memudahkan pengguna untuk mengakses data secara cepat dan mudah,” kata Margo di Semarang, Senin (25/9/2017).

Dia mengatakan kemudahan membaca angka ini menjadi penting karena akan berdampak pada tindakan yang paling efektif yang dapat diambil pemangku kepentingan sehingga dapat mempercepat penghapusan ketimpangan ekonomi.

Dengan data yang tersaji secara sederhana ini, pemerintah dapat merumuskan tindakan sesuai kebutuhan. “Data pertumbuhan ekonomi misalnya, ternyata konsumsi pemerintah [Jawa Tengah] menjadi penyebab tidak optimalnya pertumbuhan,” katanya.

Dari data yang disajikan ini akan terlihat pada 2017 terjadi perlambatan investasi, konsumsi hingga belanja pemerintah. Dengan berkaca kepada data, kata dia, maka seharusnya dapat dilakukan  akselerasi yang lebih optimal yang dilakukan oleh pemerintah.

Tag : bps jateng
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top