Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Kado yang Diterima Sejumlah Veteran di NTT

PT Perusahaan Listrik Negara melakukan program bedah rumah veteran untuk meningkatkan penghargaan pada para pahlawan atas jasa-jasa mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.
Dewan Komisaris PLN Budiman (kanan) bersama dengan Kasrem 161/Wira Sakti Kol (Inf) Irnando Arnold B. Sinaga membuka tirai Program Bedah Rumah Veteran di Atambua, Kamis (17/8/2017)/Bisnis
Dewan Komisaris PLN Budiman (kanan) bersama dengan Kasrem 161/Wira Sakti Kol (Inf) Irnando Arnold B. Sinaga membuka tirai Program Bedah Rumah Veteran di Atambua, Kamis (17/8/2017)/Bisnis

Bisnis.com, ATAMBUA — PT Perusahaan Listrik Negara melakukan program bedah rumah veteran untuk meningkatkan penghargaan pada para pahlawan atas jasa-jasa mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa.

Melalui program PLN Peduli, sebanyak 17 rumah veteran mendapat bantuan bedah rumah.

Direktur Human Capital Management PT PLN Muhamad Ali mengatakan bahwa setiap rumah yang dibedah menghabiskan biaya kurang lebih Rp70 juta lengkap dengan perabot rumah tangga.

“Lima rumah telah selesai pengerjaannya, sedangkan lainnya segera diselesaikan pada akhir tahun ini,” ujarnya Ali pada acara penyerahan rumah veteran bersama dengan Dewan Komisaris PLN Budiman, Kamis (17/8/2017).

Hadir dalam acara tersebut Dandim XVI/Belu Letkol CZI Nurdihin.

Menurut Ali, dalam pelaksanaan program bedah rumah veteran ini, PLN bekerja sama dengan Korem 161 Wirasakti Kupang dalam hal mendata veteran yang akan menerima bedah rumah veteran.

"Jumlah rumah veteran yang dibedah oleh PLN mencapai 17 unit, di mana 3 rumah lokasinya di Kupang dan 14 rumah lainnya di Atambua. Namun, karena kondisinya yang sudah tidak terlalu baik, maka rumah-rumah itu bukan dibedah, melainkan dibangun ulang," kata Ali.

Dia menambahkan, kegiatan ini sebagai bentuk apresiasi PLN atas jasa para pejuang dalam mempertahankan kedaulatan NKRI.

Dandim XVI/Belu Letkol CZI Nurdihin mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan bukti nyata kerja sama antara PLN dan Korem ikut meningkatkan taraf hidup masyarakat, khususnya veteran.

Pelaksanaan kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN dan difasilitasi oleh seluruh BUMN yang memiliki wilayah kerja di 34 provinsi di seluruh Indonesia, juga menjadi bagian dalam membangun pemahaman para pemangku kepentingan mengenai peran Kementerian BUMN dan BUMN dalam turut serta kontribusi nyata pada masyarakat.

Dengan demikian, para veteran maupun pemangku kepentingan akan memiliki pandangan yang baik tentang Kementerian BUMN dan seluruh BUMN Indonesia, yang telah berperan dalam kontribusi pada masyarakat sekitar.

"Selama ini saya tidak pernah menerima bantuan apapun. Sekarang saya mendapat bantuan rumah beserta perabotnya dari PLN. Saya sangat senang sekali, kami doakan yang terbaik bagi PLN" ungkap Anastasia Bui, istri veteran yang menerima bantuan program bedah rumah. Suami Anastasia yang seorang veteran telah meninggal pada 2010.

Pelaksanaan program bedah rumah veteran sudah dilakukan sejak 2015. Ketika itu, PLN telah telah merealisasikan 45 unit rumah di Provinsi Kalimantan Selatan, tahun berikutnya, PLN telah merenovasi sebanyak 71 rumah di Jakarta.

Adapun, pada tahun ini, PLN akan merealisasikan bedah rumah sebanyak 17 unit di NTT, 26 unit di Papua, dan 30 unit di Papua Barat.

Sampai dengan 2016, di 34 provinsi telah diselesaikan sebanyak 2.433 rumah dari target yang disampaikan oleh Legiun Veteran Republik Indonesia dan TNI yaitu sebanyak 4.077 rumah.

Adapun, data rumah yang tersisa dan akan diselesaikan pada tahun ini sebanyak 1.644 rumah di 23 provinsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Zufrizal
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper