Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rudal Korut Meluncur Berjarak 100 KM dari Pesawat Air France

Pesawat Air France yang mengangkut lebih dari 300 orang diperkirakan berjarak hanya sekitar 100 km dari rudal balistik antarbenua yang diluncurkan Korea Utara.
Air France/Reuters-Marcus R. Donner
Air France/Reuters-Marcus R. Donner

Kabar24.com, JAKARTA--Pesawat Air France yang mengangkut lebih dari 300 orang diperkirakan berjarak hanya sekitar 100 km dari rudal balistik antarbenua yang diluncurkan Korea Utara.

Lintasan penerbangan pesawat Boeing 777 yang dioperasikan oleh Air France itu berada di barat Hokkaido, pulau paling utara dari pulau-pulau utama Jepang ketika rudal Korea Utara sedang meluncur di udara.

Pesawat dalam penerbangan dari Tokyo ke Paris itu melintasi lokasi tempat rudal balistik antarbenua itu jatuh sekitar 10 menit kemudian.
Jepang dan Amerika Serikat memperkirakan rudal jatuh hanya sekitar 100 km hingga 150 km dari pesawat terbang.

"Rudal meluncur ke angkasa. Rudal jatuh di zona ekonomi eksklusif Jepang, wilayah yang dilalui oleh kapal dan pesawat komersial serta kapal nelayan," ujar juru bicara Pentagon, Jeff Davis.

Dia mengatakan bahwa rudal itu meluncur melewati wilayah udara yang sibuk dan tidak ada koordinasi sama sekali.
Air France menegaskan rudal Korea Utara itu sama sekali tidak mempengaruhi lintasan penerbangannya dan penerbangan pada Jumat (28/7) berjalan tanpa masalah.

"Informasi yang diterima Air France pada tahap ini menunjukkan bahwa rudal hancur di laut lebih dari 100 km dari lintasan pesawat," kata para pejabat Air France kepada lembaga penyiaran RFI sebagaimana dikutip BBC,com, Jumat (4/7).

Walaupun pesawatnya tidak berada dalam lokasi yang berbahaya, Air France menyatakan tetap akan memperluas zona yang tidak boleh dilalui penerbangannya di sekitar Korea Utara sebagai tindakan jaga-jaga.

Sebelumnya para pejabat Amerika Serikat sering memperingatkan potensi bahaya dari rudal bagi pesawat komersial di sekitar wilayah Korea Utara.
Peristiwa dugaan rudal menghantam pesawat komersial telah terjadi sebelumnya. Pada Juli 2014, Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH17, dalam penerbangan dari Amsterdam ke Kuala Lumpur, jatuh setelah diduga dihantam oleh rudal Buk buatan Rusia di wilayah Ukraina timur. Sebanyak 283 orang di dalamnya meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper