Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENDAFTARAN CPNS 2017 : CAT, Tes CPNS Berbasis Komputer

Mulai hari ini, Selasa (1/8/2017), pemerintah membuka pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang dapat diakses melalui sscn.bkn.go.id.
Nancy Junita
Nancy Junita - Bisnis.com 01 Agustus 2017  |  16:34 WIB
PENDAFTARAN CPNS 2017 : CAT, Tes CPNS Berbasis Komputer
Peserta seleksi CPNS, mengikuti computer assisted test (CAT). - depok.go.id
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA -- Mulai hari ini, Selasa (1/8/2017), pemerintah membuka pendaftaran online Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk Mahkamah Agung (MA) dan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) yang dapat diakses melalui sscn.bkn.go.id.

SIMAK : Tips Lolos Seleksi CPNS 2017, Begini Model Soal Tes Kompetensi Dasar CAT CPNS

Seperti pada penerimaan CPNS tahun sebelumnya, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menggelar seleksi penerimaan CPNS menggunakan atau berbasis komputer, computer assisted test (CAT), seperti dikutip dari laman www.menpan.go.id.

Metode ini mulai dilaksanakan pada seleksi penerimaan CPNS pada tahun 2013. Metode ini secara bertahap dilaksanakan secara nasional, baik dalam perekrutan PNS tingkat nasional maupun daerah.

Ada beberapa keuntungan yang diperoleh dari penerapan sistem CAT ini. Pertama, akan tercipta transparansi, karena hasil ujian dapat diketahui oleh peserta secara real time, sehingga tidak akan terjadi manipulasi.

Sistem CAT juga diterapkan tetangga, seperti Singapura, Australia. Sistem ini sangat efisien, baik dari segi waktu maupun biaya. Sebab, hasil bisa langsung diketahui, dan tidak memerlukan biaya untuk cetak soal ujian, pengawas, kemudian pengolahan hasil dan sebagainya.

Kedua, dengan sistem CAT ini juga menciptakan efisiensi yang sangat besar, dibanding sistem tes dengan menggunakan lembar jawab komputer (LJK). Selain itu, banyak lagi kelebihan sistem CAT ini, dan diharapkan bisa menjaring putera-puteri terbaik bangsa untuk menjadi CPNS.

Tetapi, untuk dapat ikut CAT, pelamar harus lolos seleksi administrasi, seperti pendaftaran online, serta melengkapi seluruh persyaratan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cpns
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top