KJRI New York Perkenalkan Gamelan

KJRI New York kembali memperkenalkan budaya Indonesia berupa gamelan kepada masyarakat sekitar.
Rio Sandy Pradana | 26 Juni 2017 14:31 WIB
Anak-anak memainkan gamelan - Antara

Kabar24.com, JAKARTA—KJRI New York kembali memperkenalkan budaya Indonesia berupa gamelan kepada masyarakat sekitar.

Laman Kementerian Luar Negeri melaporkan, Senin (26/6/2016), kali ini promosi tersebut berasal dari tanah Jawa dan melalui jalur musik tradisional. Bertempat di Ruang Pancasila, KJRI New York mengadakan workshop Gamelan Jawa kepada para penikmat seni lokal New York.

Acara ini merupakan rangkaian acara World Music Institute (WMI) bertajuk WMI PLUS: Gamelan Workshop. WMI merupakan sebuah organisasi internasional yang memfokuskan kegiatannya kepada pengenalan dan perkembangan dunia musik dan tari internasional di wilayah Amerika.

WMI menggandeng Gamelan Kusuma Laras yang merupakan kelompok gamelan Jawa binaan KJRI New York untuk mengadakan workshop kepada masyarakat lokal New York dan sekitarnya.

Para peserta berasal dari berbagai macam latar belakang yang kebanyakan merupakan pecinta seni musik tradisional. Acara diawali dengan pengarahan dan pemberian materi dari pembina Gamelan Kusuma Laras, I.M. Harjito.

Setelah itu, peserta dibagi tiga kelompok. Tiap-tiap kelompok langsung dapat mencoba memainkan gamelan melalui arahan dari Harjito. Tidak hanya dapat mencoba bermain gamelan Jawa, peserta pun diajak untuk mencicipi nikmatnya hidangan khas Indonesia. Menu yang disajikan diantaranya sate ayam, kue serabi, pastel, dan es cendol. 

Tag : Gamelan
Editor : Ratna Ariyanti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top