SELEKSI MANDIRI MAHASISWA BARU : Uang Pangkal Fakultas Kedokteran Universitas Jambi Rp25 Juta

Universitas Jambi atau Unja menerapkan uang pangkal bagi mahasiswa baru S1 jurusan kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatansebesar Rp25 juta. Uang pangkal tersebut berlaku bagi calon mahasiswa yang diterima dari jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).
Newswire | 21 Juni 2017 11:59 WIB
Ilustrasi - Antara/Yus

Kabar24.com, JAMBI - Calon mahasiswa baru perguruan tinggi negeri sudah melalui tahap seleksi dan tinggal melanjutkan ke tahap pembayaran biaya perkualiahan sebagai tanda resmi mendaftar ulang sebagai mahasiswa.

Setiap universitas memiliki kebijakannya masing-masing terkait besar uang perkuliahan yang harus dibayarkan tergantung fakultas tempat calon mahasiswa baru dinyatakan lulus seleksi.

Universitas Jambi atau Unja menerapkan uang pangkal bagi mahasiswa baru S1 jurusan kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatansebesar Rp25 juta. Uang pangkal tersebut berlaku bagi calon mahasiswa yang diterima dari jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN).

"Bagi mahasiswa baru yang diterima dari jalur SMMPTN 2017, selain diwajibkan membayar uang kuliah tetap (UKT) juga uang pangkal. Uang pangkal tertinggi untuk jurusan kedokteran Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, besarannya Rp25 juta, sedangkan yang terendah ada yang Rp2 juta di beberapa fakultas," kata Kepala Humas Universitas Jambi Akbar Kurnia Putra di Jambi, Rabu (21/6/2017).

Besaran uang pangkal itu berdasarkan keputusan Rektor Universitas Jambi Prof H Johni Najwan nomor 637/UN21/KU/2017 tertangga; 12 Juni 2017 tentang besaran pembayaran uang pangkal bagi mahasiswa baru program diploma dan sarjana di lingkungan Universitas Jambi yang diterima melalui jalur SMMPTN 2017 wilayah Barat.

Sementara itu uang pangkal terendah sebesar Rp2 juta untuk prodi sejarah, administrasi pendidikan dan PPKN di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Uang pangkal yang sama juga berlaku untuk prodi ilmu sejarah, Sastra Indonesia dan pendidikan bahasa Arab, ilmu peternakan dan prodi pemanfaatan sumberdaya perikanan.

Selain prodi kedokteran, uang pangkal untuk prodi psikologi dan keperawatan pada FKIK dan pendidikan olahraga pada Fakultas Ilmu Keolahragaan ditetapkan Rp15 juta. Sedangkan fakultas yang baru yakni Ilmu Kesehatan Masyarakat mematok uang pangkal untuk jalur SMMPTN sebesar Rp10 juta.

Sedangkan untuk prodi D4 tertinggi program D4 keuangan daerah dan manajemen pemerintahan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Rp4 juta.

"Sekali lagi uang pangkal ini hanya untuk mahasiswa baru yang diterima di jalur SMMPTN, sedangkan untuk yang lulus melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN hanya membayar UKT yang besarannya disesuaikan dengan yang dilapirkan pada daftar isian yang diserahkan pada saat registrasi dan daftar ulang," kata Akbar.

Ia menyebutkan uang pangkal tersebut dibayarkan satu kali di tahun pertama perkulianan berikut UKT yang telah ditetapkan.Jalur SMMPTN merupakan seleksi terakhir yang digelar untuk masuk ke perguruan tinggi negeri itu.

Sedangkan untuk SMMPTN 2017 wilayah barat sendiri saat ini masih dalam tahapan pendaftaran online 1-30 Juni 2017.

Ujian tulis akan digelar 8 Juli serta ujian keterampilan pada 9-1- Juli 2017.

"Pengumuman hasil seleksi SMMPTN akan digelar 18 Juli 2017," kata Akbar yang juga Humas Panitian Penyelenggara Lokal SMMPTN Universitas Jambi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Penerimaan Mahasiswa Baru

Sumber : Antara
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top