Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

APBD Purbalingga Meningkat 2,4%

Pendapatan daerah Kabupaten Purbalingga pada APBD perubahan 2017 diperkirakan naik sekitar 2,4% atau sebesar Rp 45,65 miliar
Kabupaten Purbalingga/Istimewa
Kabupaten Purbalingga/Istimewa

Kabar24.com, SEMARANG—Pendapatan daerah Kabupaten Purbalingga pada APBD perubahan 2017 diperkirakan naik sekitar 2,4% atau sebesar Rp 45,65 miliar.  

Pendapatan yang semula Rp1,89 triliun diproyeksikan menjadi Rp1,94 triliun. Kenaikan tersebut ditopang dari kenaikan pendapatan asli daerah sebesar 37,8%, dana perimbangan sekitar 3,8% dan lain-lain pendapatan yang sah 0,3%.

Sedangkan untuk anggaran belanja daerah juga diproyeksikan naik 5,9% atau setara Rp120,92 miliar. Anggran belanja tersebut yang semula Rp2,05 triliun diproyeksikan menjadi Rp2,17 triliun. 

Anggaran belanja akan digunakan untuk belanja tidak langsung sebesar Rp1,13 triliun dan belanja langsung Rp880,12 miliar.

“Belanja pegawai yang semula dianggarkan sebesar Rp812,98 miliar diproyeksikan turun sebesar Rp37,327 miliar atau 4,6% menjadi Rp775,66 miliar, dikarenakan banyaknya pegawai yang pensiun,” kata Bupati Purbalingga Tasdi, seperti dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Senin (5/6).

 

Kemudian pada sektor belanja tidak langsung lainnya juga banyak mengalami kenaikan, lanjutnya, seperti belanja hibah naik 46,1%, belanja bantuan sosial naik 51,5%, bantuan keuangan naik 1,7% dan belanja tidak terduga naik 55%. 

Sedangkan yang tidak naik belanja subsidi dan belanja bagi hasil kepada pemerintah desa.

“Belanja langsung mengalami kenaikan sebesar 17,7% atau sebesar Rp155,99 miliar, sehingga menjadi Rp1,03 triliun,” ujarnya.

Belanja langsung menurut Tasdi akan digunakan untuk membiayai prioritas pembangunan seperti penciptaan landasan yang kokoh untuk pelaksanaan pembangunan sebesar Rp130,55 miliar. 

Penegakan dan pelaksanaan empat pilar sebesar Rp883,65 miliar, pengarustamaan pembangunan berkelanjutan sebesar Rp9,99 miliar serta dukungan sektor lain secara sinergis sebesar Rp11,88 miliar.

Tasdi berharap pencapaian sasaran program dan kegiatan bisa lebih optimal. Sehingga hasil-hasil pembangunan yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Untuk itu diperlukan dukungan segenap pimpinanan dan anggota DPRD terhadap pembangunan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan oleh Bupati beserta jajarannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper