Pemerintah Bentuk Tim yang Bahas Komitmen China di OBOR

Pemerintah tengah membentuk tim khusus yang bertugas melanjutkan pembahasan komitmen China dan Indonesia dari Konferensi One Belt One Road.nn
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 30 Mei 2017  |  00:51 WIB
Pemerintah Bentuk Tim yang Bahas Komitmen China di OBOR
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kanan) bersama Menko bidang Kemaritiman Luhut Panjaitan (tengah) dan Kepala BIN Jenderal Pol Budi Gunawan berbincang sebelum Sidang Kabinet Paripurna terkait pagu indikatif RAPBN 2018 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (4/4). - Antara/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, BOGOR -- Pemerintah tengah membentuk tim khusus yang bertugas melanjutkan pembahasan komitmen China dan Indonesia dari Konferensi One Belt One Road.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan sejauh ini kelanjutan pembahasan mengenai hasil One Belt One Road (OBOR) berjalan baik. Bahkan, pemerintah di bawah Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman sedang membentuk tim khusus yang menangani urusan itu.

"Sudah bagus. Kita sudah membentuk organisasinya. Penanganan nanti termasuk negosiasi [kereta cepat] KCIC dengan CDB (China Development Bank]," tutur Luhut usai Rapat Sidang Kabinet di Istana Bogor, Senin (29/5/2017).

Nantinya, tim tersebut akan menindaklanjuti lebih rinci soal rencana investasi terpadu di Sumatera Utara, Kalimantan Utara, hingga Sulawesi Utara. Investasi terpadu itu mencakup proyek infrastruktur, jalan tol, pelabuhan atau kelistrikan dengan proyek-proyek sektor lain seperti manufaktur atau industri pengolahan dan pariwisata.

Tim juga akan membahas lebih detil komitmen pinjaman dari China Development Bank senilai US$4,5 miliar untuk pembangunan kereta cepat Jakarta – Bandung.

Namun, Luhut enggan menyebut siapa saja yang ada di dalam tim khusus itu. "Soal tim itu nanti saja. Saya beritahu besok. Lagi diproses," tandasnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
obor, Luhut Panjaitan

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top