Bom Kampung Melayu: Haji Lulung Puji Pidato Presiden Jokowi

Haji Lulung berharap instruksi Presiden untuk mengungkap kasus terorisme sampai ke akarnya direspon cepat aparat penegak hukum. Dengan demikain kejadian serupa tidak terjadi lagi.
John Andhi Oktaveri | 25 Mei 2017 21:18 WIB
Aparat kepolisian berjaga di lokasi ledakan bom Terminal Kampung Melayu, Jakarta, Kamis (25/5). - Antara/Puspa Perwitasari

Kabar24.com, JAKARTA — Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR Didik Mukrianto meminta Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bergerak cepat untuk mengungkap teror bom di Kampung Melayu.

Menurut Didik kecepatan BNPT mengungkap kasus itu diperlukan karena dinamika opini yang berkembang di masyarakat berbeda-beda dan berpotensi menyesatkan serta mengadu domba.

"Pasca teror, banyak opini yang berkembang yang bermacam-macam yang berpotensi bisa mengadu domba dan memecah belah anak bangsa. Ada yang bersepekulasi karena ekses pilkada Jakarta,” ujarnya. Bahkan dia menyebutkan "ada yang berpandangan skeptis terhadap Kepolisian dan menganggap ini sebuah rekayasa sehingga Pemerintah dan kepolisian harus peka dan serius," ujar Didik.

Didik juga mengingatkan agar masyarakat Indonesia serta komponen bangsa lainnya untuk tidak pernah takut dan terus melawan teror dalam segala bentuk apapun.

"Perbuatan teror seperti yang terjadi di Kampung Melayu adalah perbuatan terkutuk yang harus terus kita lawan. Jangan dikasih ruang sedikitpun terhadap aksi-aksi teror. Harus kita lawan bersama-sama," ujarnya.

Sementara itu, politisi Abraham Lunggana menilai pernyataan Presiden Jokowi sebagai kepala negara sungguh sangat menyejukkan sekaligus tegas dan lugas terkait bom Kampung Melayu.

"Kami sangat mengapresiasi pernyataan Presiden Jokowi yang tegas dan menyejukkan. Hal itu menegaskan komitmen kuat pemerintah untuk memberantas terorisme. Rakyat tak perlu ragu," kata pria yang akrab disapa Haji Lulung itu kepada wartawan, Kamis (25/5).

Haji Lulung berharap instruksi Presiden untuk mengungkap kasus terorisme sampai ke akarnya direspon cepat aparat penegak hukum. Dengan demikain kejadian serupa tidak terjadi lagi.

Dia mengajak masyarakat untuk tidak terlampau khawatir dan mempercayakan pengusutan kasus bom tersebut kepada pihak kepolisian. Selain itu, partisipasi masyarakat dalam hal pemberantasan terorisme, menurut Lulung, juga bisa dilakukan dengan cara melaporkan hal-hal yang mencurigakan di lingkungan kepada pihak kepolisian.

"Saya kira masyarakat harus ikut proaktif mengawasi lingkungan sekitar. Bilamana ada sesuatu yang mencurigakan segera lapor ke RT/RW atau ke Polsek terdekat," ujar politisi asal Tanah Abang itu.

Tag : bom
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top