Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hoax Bentrok di Pontianak, Mendagri: Kita Harus Mampu Memfilter

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai media sosial akhir-akhir ini dipenuhi dengan isi yang bersifat provokatif, fitnah, dan berita sesat alias hoax.
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 21 Mei 2017  |  21:15 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo - Antara
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo - Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menilai media sosial akhir-akhir ini dipenuhi dengan isi yang bersifat provokatif, fitnah, dan berita sesat alias hoax.

Teranyar, gambar dan video seakan-akan terjadi bentrok antarwarga dan organisasi masyarakat (ormas) Islam di Pontianak, Kalimantan Barat, beredar luas dan menjadi viral di lini media Sosial, utamanya Facebook. Tjahjo mengatakan informasi yang beredar memang seolah-olah telah terjadi keributan antarwarga dan ormas Islam di Pontianak. Namun, dia memastikan semua itu tidak benar.

"Memang ada kegiatan yang bersamaan, antara Suku Dayak yang pawai dan pendukung aksi bela agama tetapi mereka sudah dalam pengawalan aparat keamanan sehingga situasi kondusif," ujar Tjahjo dalam laman resmi Kementerian Dalam Negeri, Minggu (21/5/2017).

Menurutnya, video dan gambar hoax itu sengaja disebarkan orang-orang tidak bertanggung jawab untuk memicu konflik dan perpecahan di tengah bangsa yang majemuk ini.

"Berita yang muncul mengerikan. Inilah yang memang diciptakan oleh provokator untuk konflik. Padahal video dan foto itu kejadiannya sudah lama," tutur Tjahjo.
Karena itu, dia meminta seluruh elemen masyarakat berhati-hati terhadap setiap kegiatan cipta opini yang dilakukan kelompok anti-Pancasila.

"Kita harus mampu memfilter pemberitaan hal tersebut di atas dan tidak membantu menyebarkan berita-berita yang tidak jelas," kata Tjahjo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mendagri tjahjo kumolo menteri dalam negeri Suku Dayak video bentrok warga di pontianak
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top