Asean dan China Sepakati Kerangka Kode Etik Laut China Selatan

Asean dan China menyepakati kerangka kode etik atau code of conduct (COC) Framework di Laut China Selatan.
Kurniawan A. Wicaksono
Kurniawan A. Wicaksono - Bisnis.com 19 Mei 2017  |  18:22 WIB
Asean dan China Sepakati Kerangka Kode Etik Laut China Selatan
Laut China Selatan - military.com

Bisnis.com, JAKARTA – Asean dan China menyepakati kerangka code of conduct atau COC Framework di Laut China Selatan.

Dalam keterangan resmi, kesepakatan tersebut dicapai pada pertemuan ke-14 Asean-China Senior Officials Meeting on the Implementation of the Declaration on the Conduct of Parties in the South China Sea (SOM on DOC) di Guiyang, China (18/5/2017).

Jose Tavares, Direktur Jenderal Kerja Sama Asean Kementerian Luar Negeri mengatakan hal tersebut merupakan momentum yang baik antara Asean-China dan kemajuan dalam implementasi DOC sejak beberapa waktu terakhir membantu percepatan penyelesaian COC Framework.

“Secara umum, COC Framework terdiri atas mukadimah, tujuan, prinsip-prinsip umum, basic undertakings, dan final clauses,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (19/5/2017).  

Kesepakatan atas COC Framework ini dinilai sebagai capaian penting karena proses konsultasi COC telah dimulai sejak 2013 dan mendapat momentum positif setelah pada pertengahan 2016 Menteri Luar Negeri Asean-China memberikan mandat kepada pejabat tinggi untuk menyelesaikan COC Framework pada pertengahan 2017.

Atas dorongan Indonesia dan berdasarkan draf yang disiapkan Indonesia, sambung dia, pembahasan substantif yang menghasilkan draf pertama COC Framework dilakukan pada pertemuan ASEAN-China Joint Working Group on the Implementation of the DOC (JWG on DOC) di Bali pada Februari 2017.

ASEAN-China SOM on DOC dan JWG on DOC merupakan mekanisme dibawah pertemuan Menteri Luar Negeri Asean dan China untuk membahas implementasi DOC secara efektif dan menyeluruh serta melakukan konsultasi dalam rangka penyusunan COC.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
ekonomi

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top