Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Implementasi SAKIP, Kota Bandung & Banyuwangi Gondol Peringkat A

Kota Bandung dan Kabupaten Banyuwangi meraih predikat A implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil/JIBI-Rachman
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil/JIBI-Rachman

Kabar24.com, JAKARTA - Kota Bandung dan Kabupaten Banyuwangi meraih predikat A implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan Laporan Hasil Evaluasi implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LHE SAKIP) untuk pemerintah kabupaten dan kota tahun 2016.

Hasilnya, dua kabupaten/kota menggondol peringkat A, yakni Kota Bandung (Jawa Barat) dan Kabupaten Banyuwangi (Jawa Timur). Sementara itu, 10 kabupaten/ kota mendapatkan predikat BB, 57 kabupaten/kota meraih predikat B, 199 kabupaten/kota berpredikat CC, 193 kabupaten/kota berpredikat C, dan masih ada 14 kabupaten/kota berpredikat D.

Dari target sebesar 50% kabupaten/kota yang meraih predikat baik pada tahun 2019, saat ini baru tercapai 9,03%.

Kendati demikian, dibandingkan dengan rapor SAKIP 2015, jumlah kabupaten/kota yang telah berpredikat baik meningkat cukup besar.

Pada 2016 jumlahnya meningkat menjadi 69 kabupaten/kota dari 475 kabupaten/kota yang dievaluasi atau naik menjadi 14,53%. Adapun, pada 2015 hanya mencapai 40 kabupaten/kota yang berpredikat baik dari 465 kabupaten/kota yang dievaluasi atau sekitar 8,60%.

Dalam laman Kementerian PAN RB, Deputi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan M. Yusuf Ateh mengatakan pihaknya sudah menyelesaikan evaluasi SAKIP kementerian/lembaga dan pemerintah provinsi.

Kali ini Menteri PAN RB memilih untuk tidak mengumumkan, tapi langsung menyerahkan hasilnya kepada Presiden Joko Widodo untuk menghindari kegaduhan, sebab pada tahun lalu ada pihak-pihak yang mengaitkan dengan isu politik.

Ateh menjelaskan secara umum, instansi pemerintah yang telah berpredikat B atau baik atas implementasi SAKIP untuk kementerian/lembaga mencapai 82,93% dari target pada 2019 sebesar 85%, sedangkan untuk tingkat pemerintah provinsi mencapai 64,71% dari target pada 2019 sebesar 75%.

Penyerahan LHE AKIP untuk pemerintah kabupaten/kota 2016 dilakukan di tiga kota, yaitu Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta. Tiga kota tersebut dipilih karena merupakan role model penerapan SAKIP yang baik sehingga bisa dijadikan contoh bagi daerah lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper