Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UIN Jakarta Koreksi Pengertian Assessment Center

Pengertian assessment center dalam aktifitas psikologi sering disalah artikan oleh sebagian masyarakat sebagai pusat asismen (penilaian) semata sehingga pengertiannya sangat sempit.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 08 Mei 2017  |  17:51 WIB
UIN Jakarta Koreksi Pengertian Assessment Center
Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl Juanda Ciputat Tangerang Selatan. - JIBI/Nurudin Abdullah

Kabar24.com, TANGSEL-Pengertian assessment center dalam aktifitas psikologi sering disalah artikan oleh sebagian masyarakat sebagai pusat asismen (penilaian) semata sehingga pengertiannya sangat sempit.

Mulia Sari Dewi, Wakil Ketua Pusat Layanan Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, mengatakan pengertian assessment center adalah sebuah metodologi dalam setting industri dan organisasi yang menggunakan basis kompetensi.

“Metode ini bersifat sistematis untuk menilai keterampilan, pengetahuan dan kemampuan individu yang dianggap sangat penting untuk mengetahui kualitas kinerja seseorang,” katanya, Senin (8/5/2017).

Menurutnya, assessment center juga memiliki manfaat luar biasa, seperti untuk menyusun strategi pengembangan SDM, melakukan berbagai analisis, seperti analisis jabatan, analisis potensi kompetensi, dan analisis kebutuhan.

Dia menjelaskan mengenai pengertian dan tujuan assessment center kepada para mahasiswa semester 6, Fakultas Psikologi UIN Syarif Hidayatullah untuk membekali mereka agar memiliki keterampilan di bidang penilaian tersebut.

Kepada para peserta, lanjut Mulia dalam situs resmi UIN Jakarta, diberikan berkesempatan untuk melakukan simulasi analisis jabatan, dengan berpedoman pada matriks dan kamus kompetensi yang sudah tersedia.

“Adapun output dari materi dan simulasi ini adalah setiap peserta mempunyai nilai plus dalam bidangan assessment center, sehingga diharapkan mahasiswa dapat bersaing dalam dunia kerja dengan kompetensi yang unggul.” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

psikologi mahasiswa UIN Jakarta
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top