Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILGUB JATIM 2018 : Inilah 6 Bakal Calon ‘Jago’ PDIP

Menghadapi ajang kontestasi pemilihan gubernur Jawa Timur (Jatim) 2018, Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jawa Timur tengah menggodok 6 nama yang diunggulkan.
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memimpin Rapat Koordinasi Nasional di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Selasa (21/2). /Antara
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri memimpin Rapat Koordinasi Nasional di Kantor DPP PDI Perjuangan, Menteng, Jakarta, Selasa (21/2). /Antara

Kabar24.com, KEDIRI - Menghadapi ajang kontestasi pemilihan gubernur Jawa Timur (Jatim) 2018, Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jawa Timur tengah menggodok 6 nama yang diunggulkan.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDI Perjuangan Jawa Timur Soni T Danaparamita mengatakan, dirinya tengah mempersiapkan pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak pada 2018. Terdiri atas satu pemilihan gubernur, lima pemilihan wali kota, serta 13 pemilihan bupati.

“Ada 19 pilkada di 18 kabupaten kota yang tim pemenangan bupati dan wali kotanya akan bersinergi dengan tim pemenangan pilgub,” kata Soni yang juga bekas Sekjen Presidium GMNI ini, Rabu (26/4/2017).

Karena itu, sebanyak 20 dewan pengurus cabang PDI Perjuangan saat ini tengah mempersiapkan diri bergotong royong memenangkan paslon yang ditetapkan dewan pengurus pusat partai. Apalagi tahapan pemilihan akan dimulai bulan Agustus 2017.

Hasil penjaringan Bapilu DPD PDI Perjuangan Jawa Timur menghasilkan beberapa nama yang akan diseleksi sebagai kontestan pemilihan gubernur. Di antaranya adalah Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf, Bupati Banyuwangi Azwar Annas, Bupati Ngawi Budi Sulistyono, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Mereka adalah para pejabat kepala daerah atau wakil yang dianggap beprestasi dan memiliki elektabilitas tinggi. Sebagai petahana, elektabilitas Gus Ipul dinilai masih tinggi di Jawa Timur dan memiliki kemampuan komunikasi bagus dengan masyarakat. Sementara, Azwar Annas memiliki jejak rekam luar biasa dalam melentingkan Kabupaten Banyuwangi ke kancah nasional dan internasional, terutama di bidang pariwisata.

Bupati Ngawi Budi Sulistyono, menurut Soni, dinilai memiliki kemampuan mengelola pemerintahan terbaik di wilayah mataraman. Demikian pula Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini telah mendapat pengakuan dari internasional atas kepemimpinannya di kota Pahlawan.

Sementara dari kader internal partai, PDI Perjuangan telah menjajaki beberapa nama yang dianggap mumpuni. Mereka adalah Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur sekaligus Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Timur yang juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jawa Timur.

Ada pula Woro Reni Pramana yang menjabat Bendahara DPD PDI Perjuangan sekaligus Pimpinan DPRD Kota Kediri. Reni juga merupakan adik kandung politisi PDI Perjuangan Pramono Anung. DPD PDIP Jawa Timur yakin 6 figur yang diunggulkan bakal memetik sukses di Pilgub Jawa Timur pada 2018 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper