Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Antisipasi Longsor, 341 Jiwa Warga Dayakan Ponorogo Mengungsi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa potensi ancaman longsor makin meningkat di wilayah Ponorogo.
Tim gabungan memantau lokasi setelah terjadi longsor susulan di lokasi bencana longsor Desa Banaran, Pulung, Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (9/4)./Antara-Siswowidodo
Tim gabungan memantau lokasi setelah terjadi longsor susulan di lokasi bencana longsor Desa Banaran, Pulung, Ponorogo, Jawa Timur, Minggu (9/4)./Antara-Siswowidodo

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa potensi ancaman longsor makin meningkat di wilayah Ponorogo.

Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengatakan tanah retak disertai bunyi gemuruh di Desa Dayakan Kecamatan Badegan Kabupaten Ponorogo menyebabkan jumlah pengungsi bertambah.

"Jika pada awalnya pengungsi dari Dusun Watuagung Desa Dayakan berjumlah 249, saat ini bertambah menjadi 341 jiwa," ujarnya, seperti siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (11/4/2017).

Ratusan warga tersebut terpaksa mengungsi lantaran adanya retakan tanah yang disertai dentuman suara gemuruh sangat keras sebanyak 21 kali pada Senin (10/4/2017).

Menurutnya lebar tanah yang retak mencapai sekitar panjang 300 meter, lebar 40 centimeter dan kedalaman 3 meter di Watuagung.

"Warga terdampak sebanyak 91 orang yang berlokasi di Dukuh Kliur RT 8 yang berada langsung di bawah Dusun Watuagung ikut mengungsi sehingga keseluruhan pengungsi berjumlah 341 orang," ujarnya.

Sebanyak 22 unit rumah rusak dari total 69 unit rumah yang terdampak sehingga penghuninya dikosongkan seluruhnya. Masyarakat dilarang melakukan aktivitas di rumahnya dan di sekitar daerah terlarang untuk mengantisipasi kemungkinan longsor.

Seluruh pengungsi ditempatkan 2 tenda pengungsi, SD 2 Dayakan dan rumah penduduk yang ditunjuk sebagai tempat pengungsian yakni rumah Mariman, Sriyono, Nyaman, Mujoko, Siman, Giyanto.

BPBD Ponorogo telah mendirikan Posko di Balai Desa Dayakan. Pemantauan dan koordinasi dilakukan bersama dengan Muspika dan Perangkat Desa. BPBD bersama TNI, Polri, Tagana, PMI, SKPD, relawan dan masyarakat memberikan bantuan logistik, tenda, tikar, selimut, terpal, kebutuhan air bersih, MCK dan lainnya.

BMKG Tretes Malang telah memasang seismograf untuk mendeteksi gempa dan getaran tanah.

"Kebutuhan mendesak adalah kebutuhan keperluan balita, keperluan mandi, pakaian layak pakai, pelayanan kesehatan, sanitasi dan lainnya," ujarnya.

Sementara itu pencarian 24 korban hilang yang tertimbun longsor di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo telah dihentikan.

Kondisi medan yang berat dan adanya ancaman longsor susulan menyebabkan semua pihak menyepakati bahwa pencarian korban dihentikan.

Masyarakat telah mengikhlaskan anggota keluarga yang belum berhasil ditemukan menyusul adanya longsoran susulan yang cukup besar pada Minggu (9/4/2017).

Dengan demikian, dari 28 korban jiwa yang tertimbun longsor di Desa Banaran Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo pada 1/4/2017, 4 jenasah berhasil ditemukan dan 24 orang dinyatakan hilang.

Saat ini sebanyak 300 jiwa masih mengungsi. Kebutuhan dasar bagi pengungsi mencukupi. Nantinya sebagian besar dari mereka akan direlokasi. Pemda Ponorogo masih mencari lahan yang aman untuk relokasi warga nantinya.

Masyarakat dihimbau untuk selalu meningkatkan kewaspadaannya mengingat potensi longsor masih tinggidi wilayah Ponorogo.

Pasalnya, hujan berintensitas tinggi masih berpeluang hingga awal Mei. Kondisi tanah sudah jenuh air. Apalagi kondisi batuan sudah banyak yang mengalami pelapukan sehingga mudah longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper