Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Shinta Utami, Ingin Menginspirasi Penyandang Disabilitas

Shinta Utami, penyandang disabilitas kembali melakukan perjalanan inspiratif.
Shinta Utami/Global Women Who Ride
Shinta Utami/Global Women Who Ride

Kabar24.com, JAKARTA - Shinta Utami, penyandang disabilitas kembali melakukan perjalanan inspiratif, setelah berhasil dengan Journey of Dreams yang pertama pada Oktober 2014 – Oktober 2015 yaitu dengan mengelilingi Indonesia (Nusantara) menggunakan sepeda motor.

Tahun ini, Shinta Utami kembali melakukan Journey of Dreams kedua, dengan melakukan perjalanan menggunakan kursi roda dari Yogyakarta menuju Jakarta. Tujuannya yaitu menyebarkan semangat dan inspirasi kepada perempuan dan penyandang disabilitas bahwa kita semua mampu mewujudkan mimpi, tanpa batas.

Dikenal sebagai aktivis dan juga penyandang disabilitas Shinta Utami telah melakukan berbagai program yang dinamakan Journey Of Dreams. Program ini merupakan wujud nyata Shinta untuk mengobarkan semangat perubahan akan pandangan dan stigma masyarakat terhadap penyandang disabilitas.

Membuktikan kepada masyarakat bahwa penyandang disabilitas mampu untuk melakukan hal positif dalam hidup, dan sedangkan untuk para penyandang disabilitas Shinta ingin menyampaikan pesan bahwa kekurangan yang dimiliki bukan hambatan untuk melakukan sesuatu yang terbaik. Baik untuk kehidupan pribadi, ataupun memberikan dampak bagi lingkungan.

Perjalanan pertama Journey Of Dreams telah dilakukan pada 4 Oktober 2014 – 9 Oktober 2015. Selama satu tahun perjalanan ini, Shinta mengelilingi Nusantara dengan menggunakan sepeda motor yang telah dimodifikasi, dengan menggunakan 3 roda. Perjalanan ini membawa misi untuk menginspirasi perempuan Indonesia secara umum, dan membuka mata penyandang disabilitas secara khusus.

 “Perjalanan pertama saya yang memakan waktu kurang lebih satu tahun, saya ingin menyampaikan pesan kepada perempuan Indonesia bahwa kita mampu melakukan hal apapun, tanpa batas,” katanya, Kamis (6/4).

Sementara untuk penyandang disabilitas, Shinta ingin menyampaikan jikasebagai penyandang disabilitas mampu mengejar mimpi, apapun yang ingin dicapai. Keterbatasan yang dimiliki bukanlah sesuatu yang menghalangi kita untuk mewujudkannya. Bahwa yang harus dilakukan adalah trus berusaha untuk dapat berkarya dan berkontribusi bagi kemajuan diri sendiri dan juga orang banyak.

Tahun 2017, Journey Of Dreams yang kedua akan segera dilakukan. Perjalanan ini menempuh jarah sejauh 530 KM, dari kota Yogyakarta menuju Jakarta dengan menggunakan kursi roda. Sama dengan perjalanan sebelumnnya, Journey Of Dreams kedua ini juga membawa misi perubahan kepada perempuan dan penyandang disabilitas dan membangun awareness akan perubahan stigma dari penyandang disabilitas.

Disamping kegiatan ini juga bertujuan untuk fundraising dimana dana yang terkumpul akan digunakan untuk membiayai perjalanan Journey Of Dreams selanjutnya yaitu mengelilingi Asia dengan menggunakan sepeda motor dan memecahkan rekor sebagai perjalanan terjauh yang ditempuh oleh motor yang sepenuhnya memiliki kendali di tangan.

Berbagai kegiatan telah dilakukan oleh Shinta. Hingga saat ini banyak orang yang telah menaruh perhatian terhadap penyandang disabilitas.

Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi masyarakat mulai menyadari bahwa kondisi fisik berbeda yang dimiliki oleh penyandang disabilitas bukan halangan untuk menggapai mimpi. Bahwa mereka juga memiliki langkah yang tanpa batas untuk menggapai apa yang mereka inginkan dalam hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper