Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemendagri Teken Kontrak Penyediaan 7 Juta Blanko KTP Elektronik

Kementerian Dalam Negeri sudah meneken kontrak penyediaan tujuh juta blanko KTP elektronik dengan perusahaan pemenang tender.nn
Gloria Natalia Dolorosa
Gloria Natalia Dolorosa - Bisnis.com 04 April 2017  |  18:15 WIB
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo - Antara
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Kementerian Dalam Negeri sudah meneken kontrak penyediaan tujuh juta blanko KTP elektronik dengan perusahaan pemenang tender.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan perusahaan pemenang tender itu merupakan perusahaan dari dalam negeri. Waktu pengerjaan dimulai pada April 2017.

"Blanko KTP elektronik sudah saya teken kontraknya minggu ketiga kemarin [Maret 2017] untuk pengadaan tujuh juta. Akhir Maret sudah bisa distribusi ke sebagian Jakarta karena mau masuk pilkada putaran kedua," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Selasa (4/4/2017).

Menurut Tjahjo, distribusi blanko KTP elektronik ke daerah lain dimulai April ini. "Saya kira untuk Maret sudah kirim 200.000 untuk yang baru punya e-KTP. Kemudian April bertahap ke semua daerah," ucapnya.

Catatan Kementerian Dalam Negeri, sudah ada 4,5 juta warga yang mendaftar data induk dan terdapat 3 juta KTP elektronik yang harus disediakan. Sebanyak 3 juta KTP elektronik ditujukan untuk warga yang sudah memasuki usia dewasa, warga yang perlu pergantian status ke menikah dan berpindah alamat tinggal, serta warga yang KTP-nya rusak.

Selain itu, saat ini sedang digelar tender pemeliharaan server. Tjahjo mengatakan tengah mencari perusahaan lain, bukan perusahaan pemenang tender sebelumnya yang berasal dari AS. Perusahaan yang tengah mengikuti seleksi tender berasal dari dalam dan luar negeri.

"Masih kombinasi [dalam dan luar negeri] karena cetak chip masih di luar negeri," kata Tjahjo.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kementerian dalam negeri ktp elektronik tjahjo kumolo
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top