Pembangunan Jangan Abaikan Kebudayaan

Kebudayaan seringkali dipandang sebelah mata dalam pembangunan. Tidak sekadar ekonomi, pembangunan semestinya mencakup persoalan kebudayaan.
Dika Irawan | 30 Maret 2017 14:45 WIB
Ilustrasi: Pembangunan simpang susun Semanggi di Jakarta - Antara

Kabar24.com, JAKARTA -- Kebudayaan seringkali dipandang sebelah mata dalam pembangunan. Tidak sekadar ekonomi, pembangunan semestinya mencakup persoalan kebudayaan.

"Kebudayaan memberi kerangka landasan bagi kreativitas sosial dan kebebasan manusia," kata Direktur Pendidikan Tinggi, Iptek, dan Kebudayaan Bappenas Amich Alhumami dalam bincang-bincang di kantornya, Jakarta, Kamis (30/3/2017).

Kebudayaan, menurutnya, harus menjadi salah satu modal berharga yang berkontribusi pada pembangunan nasional dengan menekankan hubungan erat dan saling terkait antara kebudayaan dan pembangunan.

Sejumlah negara seperti Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan mampu melakukan akselerasi pembangunan sosial ekonomi berbasis kebudayaan.

Berangkat dari hal tersebut, Amich mengatakan Bappenas bekerjasama dengan Knowledge Sector Intiative berencana menggelar seminar nasional bertajuk Peran Kebudayaan Dalam Pembangunan Nasional pada 4 April mendatang.

Hasil seminar diharapkan dapat menjadi masukan untuk perumusan kebijakan pembangunan Indonesia.

Tag : kebudayaan
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top