Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Santri Ditantang Bersaing Perebutkan Beasiswa Bidikmisi

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M. Nasir mengajak santri pondok pesantren untuk turut bersaing dengan pelajar umum agar mendapatkan jatah beasiswa Bidikmisi.
Program Bidikmisi/kemdiknas.go.id
Program Bidikmisi/kemdiknas.go.id

Bisnis.com, SURABAYA - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M. Nasir mengajak santri pondok pesantren untuk turut bersaing dengan pelajar umum agar mendapatkan jatah beasiswa Bidikmisi.

"Santri harus bisa mengenyam pendidikan di perguruan tinggi, bisa di manapun," kata Nasir di Pondok Pesantren Mambaul Anwar, Denanyar, Jombang, Jawa Timur, Selasa (28/3).

Dia mengatakan program beasiswa Bidikmisi terbuka kepada siapapun yang memenuhi syarat termasuk santri. Satu hal yang pasti, Bidikmisi hanya akan berlaku bagi mahasiswa mulai semester satu di perguruan tinggi negeri.

Oleh karena itu, Nasir mengajak agar santri terus bekerja keras agar mendapatkan prestasi yang baik di kelasnya. Prestasi yang baik tersebut bisa memudahkan santri untuk mendapatkan berbagai macam program beasiswa.

Sementara itu, Menristekdikti mengatakan bagi santri yang tidak mampu tapi berprestasi tidak perlu berkecil hati dan berusaha supaya nantinya bisa mendapatkan beasiswa Bidikmisi.

"Maka saya dorong agar anak-anak harus pintar. Ada juga penghapal Al quran 30 juz kami fasilitasi. Kalau anda hapal saya jamin masuk PTN," kata Nasir kepada para santri.

Bidikmisi sendiri merupakan program pemerintah dalam bentuk bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi dan memiliki potensi akademik yang baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi pada program studi unggulan sampai lulus tepat waktu.

Bidikmisi merupakan program pemerintah yang ada sejak tahun 2010. Dalam kurun 2010-2016 sebanyak 352.409 mahasiswa mendapatkan jatah Bidikmisi. Pada 2016 jumlah mahasiswa yang meraih beasiswa tersebut sebanyak 74.128 dan tahun 2017 angkanya akan ditingkatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Fajar Sidik
Sumber : antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper