GATES FOUNDATION Puji Strategi Keuangan Presiden Jokowi

Strategi keuangan yang diterapkan Presiden Joko Widodo mendapat pujian dari Yayasan milik Bill Gates dan istrinya, Melinda.
Newswire | 23 Maret 2017 17:36 WIB
Bill Gates

Bisnis.com, JAKARTA - Strategi keuangan yang diterapkan Presiden Joko Widodo mendapat pujian dari Yayasan milik Bill Gates dan istrinya, Melinda.

The Bill & Melinda Gates Foundation menilai strategi keuangan inklusif yang diterapkan Presiden Joko Widodo di Indonesia termasuk salah satu yang mengalami kemajuan luar biasa.

"The Bill and Melinda Gates melihat strategi nasional Presiden tersebut sebagai suatu kemajuan yang luar biasa di antara negara-negara lain sehingga dari negara-negara yang mereka bantu Afrika, Amerika Latin, terpilih delapan negara yang menjadi prioritas mereka termasuk Indonesia," ucap Konsultan PR Inke Maris, setelah mendampingi Co-Chair and Trustee of the Bill & Melinda Gates Foundation Melinda Gates melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Joko Widodo di Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Dalam pertemuan yang dilakukan sesaat sebelum Presiden Jokowi kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Riau itu, Melinda Gates juga didampingi Sue Desmond-Hellmann, Chief Executive Officer BMGF; Hari Menon, Policy & Government Relations Lead - South-East Asia BMGF; Michael Wiegand, Director, Financial Services for the Poor BMGF.

Sebagaimana disampaikan Kepala Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin, Gates Foundation menginginkan agar warga negara Indonesia yang memiliki rekening tabungan terus bertambah yang semula hanya 36% menjadi 75%.

Hal itu mengingat saat ini Indonesia telah mencanangkan program strategi nasional tentang keuangan inklusif dan juga membentuk suatu Dewan Nasional Keuangan Inklusif.

Bill and Melinda Gates Foundation bertekad membantu pemerintah Indonesia untuk mengembangkan program keuangan inklusif ke seluruh daerah di Tanah Air.

Namun, pengembangan tersebut harus disesuaikan dengan arah perkembangan perbankan nasional.

"Inilah bantuan yang ditawarkan oleh The Bill and Melinda Gates," ujar Inke.

Untuk diketahui, keuangan inklusif memiliki tujuan agar masyarakat pedesaan yang jauh dari kebiasaan, yang jauh dari cabang-cabang bank bisa mengakses dan bisa menjadi nasabah melalui mobile phone atau melalui agen-agen.

Bahkan saat ini sejumlah negara di Asia telah menjalankan program keuangan inklusif sehingga Indonesia bisa belajar dari negara-negara tersebut.

"Kalau di Asia, Bangladesh, India, Pakistan, juga di Afrika, Nigeria, Uganda, mereka sudah lebih dulu dari Indonesia menjalankan keuangan (inklusif). Jadi mungkin (Indonesia) juga bisa belajar dari negara-negara tersebut," ucap Inke.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jokowi, bill gates

Sumber : Antara
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top