Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bank Berburu Nasabah Pensiunan di Manado

Sejumlah bank tengah gencar merambah Sulawesi Utara untuk menyalurkan kredit ke segmen pensiunan. Risiko yang relatif rendah di segmen pensiunan membuat bank kepincut menggarap segmen ini.
Rivki Maulana
Rivki Maulana - Bisnis.com 24 Februari 2017  |  16:47 WIB
Bank Berburu Nasabah Pensiunan di Manado
Bank Sinar berganti nama menjadi Bank Mantap - Bisnis.com/Kristianto

Bisnis.com, MANADO - Sejumlah bank tengah gencar merambah Sulawesi Utara untuk menyalurkan kredit ke segmen pensiunan. Risiko yang relatif rendah di segmen pensiunan membuat bank kepincut menggarap segmen ini.

PT Bank Mandiri Taspen Pos atau Bank Mantap, misanlnya telah membuka kantor cabang di Manado pada Januari 2017 lalu. A.A. Gede Oka Putra, Kepala Cabang Bank Mantap Manado, mengatakan perseroan membidik penyaluran kredit sebanyak Rp160 miliar tahun ini. 

Menurut Gede, potensi nasabah pensiunan di Manado cukup menjanjikan, terlebih bank yang dahulu bernama Bank Sinar Harapan Bali ini juga melakukan sinergi dengan salah satu induk, PT Taspen (Persero).  "Jadi kami bisa garap dari data pensiunan yang ada di sini. Selain itu, bunga kami juga kompetitif dibanding bank lain," jelas Gede kepada Bisnis, Jumat (24/2/2017).

Dia menyebut, bunga kredit untuk pensiunan dipatok 0,85% per bulan atau 10,4% per tahun. Jangka waktu pinjaman atau tenor juga mencapai 15 tahun sejak nasabah memulai usia pensiun. 

Gede menyebut, perseroan yakin bisa menjaring banyak nasabah kendati di Manado sudah bercokol pemain lama seperti PT Bank Pembangunan Sulawesi Utara dan Gorontalo dan PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk. Lembaga lain yang juga dikenal sebagai penyalur kredit ke pensiunan di Manado yakni PT BPR Dana Raya.

Untuk diketahui, Bank Mantap mulai merambah segmen pensiunan sejak 2015 setelah Taspen dan PT Pos Indonesia (Persero) masuk sebagai pemegang saham dengan porsi masing-masing 20,2%. Sebelumnya Bank Mantap hanya beroperasi di Bali.

PT Bank Pembangunan Daerah Banten Tbk juga tak mau ketinggalan. Bank yang dahulu bernama Bank Pundi ini telah meneken kerja sama dengan BPR Dana Raya untuk menyalurkan kredit sebesar Rp100 miliar melalui pola channeling

Dalam kerja sama itu, BPR Dana Raya akan bertindak sebagai agen channeling Bank Banten. Fahmi Bagus Mahesa, Direktur Bisnis I Bank Banten mengatakan penyaluran lewat kredit lewat channeling dengan BPR Dana Raya diharapkan bisa mendongkrak baki debit atau outstanding kredit consumer yang baru dirintis pada kuartal III/2016. "BPR Dana Raya merupakan salah satu BPR yang ditunjuk sebagai Mitra Taspen untuk Kantor Bayar Pensiunan,” terang Fahmi.

Di Sulawesi Utara, BPR Dana Raya memiliki tujuh kantor cabang. Jumlah itu diyakini cukup untuk menjaring potensi nasabah sebanyak 10.000 pensiunan. Fahmi menyebut, ke depan perseroan juga bakal fokus menyalurkan kredit lewat kerja sama dengan instansi maupun pembelian portofolio kredit. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

industri perbankan pensiunan
Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top