Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PEMILIHAN KANSELIR JERMAN: Martin Schulz Penantang Serius Merkel

Martin Schulz, calon dari Jerman Sosial Demokrat untuk pemilihan federal pada September, akan mendapatkan 49% jika ada pemilihan langsung untuk Kanselir, sementara Angela Merkel akan mendapatkan 38%, demikian hasil jajak pendapat pada Jumat (17/2/2017).
Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Rusia Vladimir Putin./Reuters
Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Rusia Vladimir Putin./Reuters

Bisnis.com, BERLIN - Martin Schulz, calon dari Jerman Sosial Demokrat  untuk pemilihan federal pada  September, akan mendapatkan 49%  jika ada  pemilihan langsung untuk Kanselir, sementara Angela Merkel akan mendapatkan 38%,  demikian hasil jajak pendapat  pada  Jumat (17/2/2017).

Pada  Januari, Merkel berada di depan Schulz dalam jajak pendapat yang dilakukan oleh Forschungsgruppe Wahlen untuk siaran ZDF.  Kemudian Merkel memiliki 44%
dukungan dibandingkan dengan Schulz 40%, kata ZDF.

Dalam biografi  Bundeskanzlerin.de, German Federal Press and Information Office, Angela Dorothea Merkel --kelahiran 17 Juli 1954-- adalah politikus dan mantan ilmuwan peneliti  yang menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 2005 dan Ketua  Persatuan Demokrat Kristen (CDU) sejak 2000. Merkel adalah perempuan pertama yang memegang kedua jabatan tersebut.

Merkel terjun ke dunia politik pasca-Revolusi 1989. Menurut laporan BBC Germany's Merkel Begins New Term,  setelah pemilu federal 2005,  Merkel terpilih sebagai Kanselir Jerman perempuan pertama sekaligus pemimpin koalisi besar   yang mencakup CDU; partai saudaranya di Bayern,Persatuan Sosial Bayern  (CSU); dan Partai Demokrat Sosial  (SPD). Dalam pemilu federal 2009, CDU memperoleh jumlah suara terbanyak, dan Merkel dapat membentuk pemerintahan koalisi berkat bantuan Partai Demokrat Bebas (FDP).

Pada pemilu federal 2013, Merkel memperoleh 41,5% suara dan membentuk koalisi besar kedua bersama SPD setelah FDP kehilangan seluruh kursinya,  tulis  classworld.us dengan judul Bundestag, German Chancellor Angela Merkel makes a Hat-trick win in 2013 Elections.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : REUTERS
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper