Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fujifilm Perluas Jaringan Penjualan ke Makassar

PT Fujifilm Indonesia merealisasikan pembukaan jaringan penjualan di Kota Makassar sebagai bagian dari penetrasi pasar di luar Pulau Jawa.
Masatsugu Naito (kiri), President Director of PT Fujifilm Indonesia./exposure
Masatsugu Naito (kiri), President Director of PT Fujifilm Indonesia./exposure

Bisnis.com, MAKASSAR - PT Fujifilm Indonesia merealisasikan pembukaan jaringan penjualan di Kota Makassar sebagai bagian dari penetrasi pasar di luar Pulau Jawa.

Presiden Direktur Fujifilm Indonesia Masatsugu Naito mengatakan perluasan jaringan penjualan itu juga akan memangkas durasi distribusi produk ke wilayah timur sekaligus menggencarkan edukasi ke konsumen di wilayah tersebut.

"Ceruk pasar di wilayah timur belum tergarap maksimal, sehingga pembukaan jaringan ini bisa menjadi alternatif dalam mengintensifkan komunikasi dengan pelanggan," katanya di sela-sela persemian Kantor Cabang Fujifilm Makassar, Kamis (16/2/2017).

Menurut Naito, ekspansi tersebut diharapkan mampu ikut memperbesar kontribusi penjualan dari luar Pulau Jawa yang selama ini cenderung tertahan pada posisi 20% terhadap kinerja secara nasional.

Kendati enggan menyebutkan besaran target penjualan dari pembukaan cabang di Makassar, dia memastikan pola dan strategi bisnis yang bakal diterapkan tetap sama dengan di Pula Jawa.

Sejauh ini, jaringan penjualan Fujifilm di Tanah Air sebanyak empat cabang yang mana sebelumnya Surabaya, Bandung dan Yogyakarta.

Adapun Kantor Cabang Fujifilm di Makassar terletak di bilangan AP Pettarani yang juga dipersiapkan melayani permintaan wilayah timur yang meliputi Sulawesi, Maluku dan Papua.

Sekedar diketahui, Fujifilm memiliki enam lini bisnis utama yakni electronic imaging, photo imaging, graphic art, medical, industrial products serta life science.

"Pola pengembangan bisnis kami juga lakukan dengan menggandeng mitra lokal sehingga lebih optimal dalam melakukan penetrasi," ujar Naito.

Dia menguraikan, Indonesia secara umum merupakan pasar sangat penting bagi perseroan, yang mana memiliki sejumlah kelebihan yakni besarnya jumlah generasi muda dan tingginya daya beli masyarakat.

Adapun langkah ekspansi ke wilayah timur merupakan implementasi dari upaya Fujifilm dalam mengembangkan bisnis di Indonesia melalui skema penjualan dan distribusi langsung ke konsumen yang dilakukan sejak lima tahun terakhir.

Strategi diklaim pula mampu membuat Fujifilm menakar pasar Tanah Air yang mengacu pula pada kebutuhan masyarakat secara langsung, merumuskan kebijakan penjualan yang sesuai dengan kondisi pasar serta membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar secara lebih cepat.

"Ke depan, kami juga berkomitmen untuk terus menawarkan produk-produk yang bernilai baru dan tinggi kepada masyarakat

Indonesia dengan teknologi yang kami kembangkan," katanya.

Branch Manager Kantor Fujifilm Makassar Syamsuddin mengungkapkan, pembukaan kantor cabang di Makassar ini mencakup tiga hal yang telah menjadi pertimbangan pihak Fujifilm Indonesia sebelumnya.

“Untuk tahap awal, orientasi akan kami lebih banyak menginformasikan produk dan layanan secara langsung ke konsumen Makassar dan timur secara umum, disamping tentunya distrubusi produk bisa lebih cepat diterima konsumen," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper