Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILKADA DKI 2017: Enggartiasto Harap Taraf Ekonomi Membaik, Luthfi Ingin Kemacetan Berkurang

Berbagai harapan disampaikan pemilih di TPS 01 Kelurahan Selong, Jakarta Selatan kepada para calon pemimpin Jakarta periode 2017-2022 yang akan ditentukan pada Pilkada DKI Jakarta hari ini.
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/Antara-Puspa Perwitasari
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/Antara-Puspa Perwitasari

Kabar24.com, JAKARTA—Berbagai harapan disampaikan pemilih di TPS 01 Kelurahan Selong, Jakarta Selatan kepada para calon pemimpin Jakarta periode 2017-2022 yang akan ditentukan pada Pilkada DKI Jakarta hari ini.

Sebanyak 450 pemilih telah menyelesaikan pencoblosan di TPS 01 tempat calon Wakil Gubenur Sandiaga Uno memasukkan surat suaranya tadi pagi. Artinya, hanya sekitar 77% pemilih yang datang dari 571 pemilih yang tercatat di dalam Daftar Pemilih Tetap di wilayah Kebayoran Baru itu, ujar Ketua KPPS Muhammad Riski sambil menyiapkan tahapan penghituangan suara di TPS tersebut. TPS tersebut ditutup pukul 13:00 WIB dan penghitungan suara dilakukan mulai pukul 14:00 WIB setelah masa istirahat.

Dari sekian jumlah pemilih dalam DPT di kawasan yang tergolong elite tersebut terdapat sederetan nama tokoh nasional yang datang ke TPS. Mereka datang dengan berbagai harapan terhadap calon pemimpin yang dipilih hari ini, Rabu (15/2/2017). 

Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita, misalnya, berharap gubernur yang baru akan bisa menjalankan tugas dengan baik mengingat Jakarta merupakan cerminan wajah Indonesia. Untuk itu, Enggartiasto berharap gubenur nantinya tidak saja membenahi tampilan ibu kota, tapi juga bagaimana meningkatkan taraf hidup warganya.

“Pembenahan kan satu sisi dari wajah Ibu Kota, tapi kita harus lihat bagaimana mengatasi masyarakat berpenghasilan rendah dan mendapat ruang yang layak. Sisi kerakyatan ini juga perlu dibenahi,” ujar Enggartiasto kepada Bisnis ketika ditemui di TPS yang berada di dekat SMAN 82 Jakarta.

Lain lagi dengan mantan Mendag Muhammad Luthfi yang juga tercatat di TPS itu. Menteri di era Pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut berhadap pada tiga hal, yakni soal keamanan, kemacetan dan masalah banjir yang harus diselesiakn oleh siapapun pemimpin Jakarta nantinya.

“Yang penting Jakarta itu aman, tidak macet, tidak banjir,” ujarnya ketika ditanya usai memberikan suaranya. Dia juga berharap melalui pilkada, demokrasi di Indonesia akan semakin matang sehingga pada ahirnya juga akan mendatangkan kesejahteraan.   

Sedangkan tokoh lainnya yang juga mencoblos di TPS 01 adalah tokoh pendidikan dan pengembangan diri, Mien Uno yang tidak lain adalah ibunda Calon Gubenur Sandiaga Uno.

Usai mencoblos Mien Uno menyatakan keinginannya agar Jakarta menjadi kota yang bermartabat, sejuk dan damai. Menurutnya seorang pemimpin dituntut memiliki perilaku yang sopan dengan turut kata yang sejuk sehingga dapat ditiru oleh generasi mudanya.

Menjelamg siang pesohor lainnya yang juga datang ke TPS tersebut termasuk mantan Kapolri Jenderal (Purn) Awaluddin Djamin dan tokoh PDIP Guruh Soekarnuputra yang juga adik andung mantan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Hanya saja keduanya tidak mau berkomentar terkait pilkada dan bergegas pulang setelah menyelesaikan pencoblosan. 

Sambil menunggu peghitungan suara, sebagian pemilih kebali mulai terlihat di lokasi TPS. Tidak banyak di antara mereka yang datang berasal dari kalangan pendukung pasangan calon gubenur. 

Berbeda dari TPS lainnya, TPS 01 Selong tidak banyak dikunjungi mereka yang bukan pemilih sehingga lebih terkesan sepi meski terdapat 571 pemilih dalam DPT.

Dari pemantauan di lokasi TPS sejak pagi memang tidak banyak pemilih yang datang secara berombongan kecuali dengan keluarga sendiri seperti halnya Sandiaga, Enggartiasto, Luthfi dengan harapan mereka masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper