Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penculikan WNI Oleh Abu Sayyaf Kembali Terulang

Penculikan dan penyanderaan warga negara Indonesia oleh kelompok mlitan Filipina Abu Sayyaf kembali terjadi pada periode Desember-Januari lalu.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 02 Februari 2017  |  20:37 WIB
Penculikan WNI Oleh Abu Sayyaf Kembali Terulang
Kelompok militan Abu Sayyaf - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA--Penculikan dan penyanderaan warga negara Indonesia oleh kelompok mlitan Filipina Abu Sayyaf kembali terjadi pada periode Desember-Januari lalu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Arrmanatha Nasir, mengatakan tujuh WNI diculik dari perairan Sabah Malaysia dalam kurun waktu Desember 2016 hingga Januari 2017.

"Desember lalu itu dua kali penyanderaan di Perairan Sabah, yang pertama dua WNI diculik dan disandera, kemudian beberapa waktu kemudian dua lagi WNI, pada 9 Januari lalu. Kalau tidak salah ada tiga WNI lagi yang diculik, juga di Perairan Sabah," kata Arrmanatha kepada para wartawan di Jakarta, hari Kamis (02/02).

Arrmanatha mengatakan pemerintah terus berkoordinasi dengan pemerintah Filipina dan pemilik kapal di Malaysia. Sejauh ini diketahui ketujuh WNI itu disandera di sekitar Filipina Selatan sebagaimana dikutip BBC.com, Kamis (2/2/2017).

Sebelumnya, lebih dari 10 WNI sempat diculik dan disandera oleh kelompok Abu Sayyaf pada tahun lalu dan seluruhnya telah berhasil dibebaskan.

Sebelumnya, pada pertengahan tahun lalu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo mengatakan kelompok Abu Sayyaf merupakan pelaku penculikan terhadap tiga orang warga negara Indonesia di perairan wilayah Felda Sahabat, Lahat Datu, Malaysia.

Sedangkan Menlu Retno Marsudi--berdasarkan keterangan pemerintah Malaysia--membenarkan bahwa tiga orang WNI telah diculik oleh lima pria bersenjata di perairan Malaysia.

Tiga orang itu adalah adalah awak kapal penangkap ikan LLD113/5/F yang berbendera Malaysia.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wni penculikan Abu Sayyaf
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top