Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cegah Imigran Ilegal, Trump Bangun Tembok Perbatasan AS-Meksiko

Presiden AS Donald Trump memerintahkan pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko serta penerapan hukuman bagi kota yang melindungi imigran illegal.
Renat Sofie Andriani
Renat Sofie Andriani - Bisnis.com 26 Januari 2017  |  16:24 WIB
Presiden AS terpilih Donald Trump melambaikan tangan dari balik kaca pelindung saat acara the
Presiden AS terpilih Donald Trump melambaikan tangan dari balik kaca pelindung saat acara the "Make America Great Again! Welcome Celebration" di Lincoln Memorial, Washington AS, 19 Januari 2017. - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Presiden AS Donald Trump memerintahkan pembangunan tembok perbatasan AS-Meksiko serta penerapan hukuman bagi kota yang melindungi imigran illegal.

Trump juga mempertimbangkan untuk memperbarui program penahanan rahasia CIA seiring rencananya untuk mengatur kembali imigrasi AS dan kebijakan keamanan nasional.

Seperti dilansir Reuters (Kamis, 26/1/2017), pembangunan tembok tersebut akan menghalangi masuknya pengungsi dari wilayah berkonflik Suriah juga menghentikan masuknya imigran dari Timur Tengah dengan mayoritas penduduk Muslim serta negara-negara Afrika seperti Sudan, Somalia, Irak, Libya, dan Yaman, selagi pemerintah mengkaji aturan permanen.

Perintah yang dikeluarkan Trump pada Rabu waktu setempat menunjukkan tindakan keras terhadap sekitar 11 juta imigran illegal yang telah masuk AS, mayoritas dari Amerika Latin, yang terancam akan dideportasi.

Gedung Putih telah menyatakan bahwa tembok perbatasan tersebut akan membendung aliran obat terlarang, kejahatan, dan imigrasi illegal ke dalam AS.

“Kita akan memperbaiki aturan hukum di AS,” ujar Trump dalam pidatonya kemarin di depan para hadirin yang mencakup kerabat para warga yang terbunuh oleh imigran ilegal, setelah menandatangani perintah eksekutif untuk pembangunan perbatasan.

Ditegaskan olehnya bahwa lonjakan angka migran ilegal yang belum pernah terjadi sebelumnya dari Amerika Tengah telah merugikan Meksiko dan Amerika Serikat. “Tanpa perbatasan, suatu bangsa bukanlah bangsa,” tegasnya.

Berdasarkan perintah tersebut, tembok perbatasan AS-Meksiko akan dibangun sepanjang lebih kurang 3.200 km senilai miliaran dolar.

Trump sendiri sebelumnya mengklaim bahwa pembangunan tersebut akan menghabiskan biaya total di kisaran US$10 miliar-US$12 miliar. Namun menurut prediksi para praktisi, nilainya akan lebih tinggi daripada umumnya.

Biaya pembangunan juga diprediksi akan cenderung meningkat secara substansial berdasarkan rencana Trump untuk memperluas wilayah tembok hingga area terpencil dan pegunungan.

Sementara itu dalam hal pembiayaan, Trump telah mengusulkan bahwa AS akan membiayai pembangunannya di awal, untuk kemudian digantikan oleh Meksiko. Meskipun demikian, masih tidak diketahui dengan jelas bagaimana keinginannya itu akan terlaksana.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

perbatasan meksiko Donald Trump
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top