Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa Indonesia di Luar Negeri: Selamatkan Kebhinekaan NKRI!

Prihatin atas menurunnya kesadaraan kebhinekaan di Tanah Air, sejumlah mahasiswa Indonesia di luar negeri membuat petisi untuk menyelematkan kebhinekaan NKRI.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Kabar24.com, BEIJING - Prihatin atas menurunnya kesadaraan kebhinekaan di Tanah Air, sejumlah mahasiswa Indonesia di luar negeri membuat petisi untuk menyelematkan kebhinekaan NKRI.

Salah seorang penggagas petisi Penyelamatan Kebhinnekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Humprey Arnaldo Russel, kandidat Doktor Universitas Jilin, Tiongkok, Jumat (13/1/2017), mengatakan pembuatan petisi tersebut merupakan bentuk keprihatinan atas menurunnya kesadaran menjaga ke-bhninnekaan tunggal ika di Tanah Air.

"Akibatnya, banyak konflik horizontal yang berlatar suku, agama, ras dan antardaerah (SARA), yang terjadi akhir-akhir ini," katanya.

Terkait itu, sebagai bentuk keprihatinan sekaligus memberikan penyadaran kepada seluruh komponen bangsa dan negara, termasuk pemerintah, maka 14 mahasiswa Indonesia di beberapa negara menggagas petisi Penyelamatan Kebhinnekaan NKRI.

Dalam petisi tersebut mereka menyesalkan masih maraknya aksi dari kelompok-kelompok vigilante yang mengancam eksistensi Indonesia sebagai bangsa majemuk.

Kedua, mengkhawatirkan maraknya hasutan berbau SARA, khususnya di media sosial. Para mahasiswa tersebut juga mendesak Pemerintah Indonesia untuk menindak tegas kelompok-kelompok vigilante serta pihak tertentu yang mengancam ke-bhinnekaan Indonesia.

"Kami juga meminta Pemerintah untuk intens melakukan dialog dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat, dalam menyikapi dan menuntaskan silang pendapat yang tidak perlu atas isu yang berkembang," lanjut petisi tersebut.

Para mahasiswa juga menyerukan kepada para calon gubernur, bupati dan wali kota yang berpartisipasi dalam konstetasi pemilihan kepala daerah, partai politik dan massa pendukung, untuk menghindari penggunaan materi kampanye yang menyinggung sentimen SARA, karena berpotensi mengganggu harmoni.

Terakhir dalam petisinya, para mahasiswa tersebut menyerukan kepada seluruh komponen bangsa untuk menerima ke-bhinnekaan Indonesia sebagai sebuah anugerah Tuhan Yang Maha Esa, serta menjunjung tinggi prinsip kesetaraan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, dan menjadikannya kekuatan dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara yang adil, makmur dan sejahtera.

Humprey mengungkapkan hingga saat ini petisi tersebut telah ditandatangani oleh seratus lebih mahasiswa Indonesia di beberapa negara.

"Kami menyebarkannya melalui media sosial seperti facebook dan layanan pesan singkat seperti WhatsApp, Wechat, dan BBM. Kami tidak menargetkan berapa tanda tangan yang berhasil didapat untuk petisi ini. Yang terpenting bagi kami adalah apa yang menjadi keprihatinan kami, dapat menjadi perhatian bagi seluruh komponen bangsa," katanya.

Humprey menambahkan pihaknya akan mengedarkan petisi tersebut untuk ditandatangani hingga akhir Januari 2017. "Selanjutnya, kami akan menyampaikannya kepada bapak Presiden Joko Widodo," ujarnya.

Selain Humprey, petisi tersebut digagas antara lain oleh Ali Formen (mahasiswa S3 Universitas Auckland, Selandia Baru), Anton Aliabbas (kandidat doktor Universitas Cranfield, Inggris) dan Fadillah Putra (kandidat doktor Universitas Melbourne, Australia).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper