Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HERCULES TNI JATUH: Optimalkan Pemeliharaan Kata Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pemeliharaan pesawat-pesawat militer milik TNI dan Polri untuk selalu dijaga.
Joko Widodo/Antara
Joko Widodo/Antara

Kabar24.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar pemeliharaan pesawat-pesawat militer milik TNI dan Polri untuk selalu dijaga.

Selain itu, Presiden juga meminta agar musibah kecelakaan pesawat TNI dan Polri yang baru-baru ini terjadi untuk segera dievaluasi dan dicari akar permasalahannya agar peristiwa serupa tak terulang kembali.

"Tidak hanya masalah kecelakaan yang di Wamena, untuk semua yang berkaitan dengan pesawat-pesawat TNI maupun Polri betul-betul harus dilihat akar dari masalah itu apa," katanya usai meresmikan pengeluaran dan pengedaran uang Rupiah tahun emisi 2016, di Bank Indonesia, Jakarta, Senin (19/12/2016).

Presiden mengungkapkan, bahwa Kepala Staf Angkatan Udara menyampaikan kecelakaan tersebut diduga karena kondisi cuaca buruk dan beratnya medan yang ditempuh.

Wilayah tersebut memang dikenal dipenuhi dengan gunung dan perbukitan tinggi.

"Yang kemarin kecelakaan yang di Wamena sudah disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Udara bahwa kecelakaan itu karena pertama cuaca dan memang keadaan alam di sana penuh dengan gunung dan perbukitan tinggi. Tetapi sekali lagi, yang namanya pemeliharaan untuk pesawat-pesawat memang harus selalu dijaga, selalu diawasi, dan yang paling penting dilihat lagi," katanya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara Marsekal Pertama TNI Jemi Trisonjaya, petugas menara pengawas kehilangan kontak dengan pesawat C-130HS Hercules TNI AU dengan nomor registrasi A-1334 dalam penerbangan dari Timika menuju Wamena, Papua, pada Minggu, 18 Desember 2016 pukul 06.09 WIT.

Pukul 08.40 WIT, lokasi jatuhnya pesawat tersebut berhasil ditemukan dan langsung dilakukan evakuasi. Dalam peristiwa tersebut, sebanyak 13 orang yang terdiri dari 12 kru pesawat dan 1 penumpang meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper