Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UIN Jakarta & Ez-Zitouna University Tunis Lanjutkan Pertukaran Mahasiswa

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulan Jakarta dan Ez-Zitouna University Tunis (EUT) akan melakan pertukaran mahasiswa untuk belajar di masing-masing perguruan tinggi tersebut selama 3-4 semester.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 08 Desember 2016  |  16:33 WIB
UIN Jakarta & Ez-Zitouna University Tunis Lanjutkan Pertukaran Mahasiswa
Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jl Juanda Ciputat Tangerang Selatan. - JIBI/Nurudin Abdullah
Bagikan

Bisnis.com, TANGSEL - Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatulan Jakarta dan Ez-Zitouna University Tunis (EUT) akan melakukan pertukaran mahasiswa untuk belajar di masing-masing perguruan tinggi tersebut selama 3-4 semester.

Pertukaran mahasiswa merupakan salah satu bidang dari kerja sama UIN dan EUT yaitu pertukaran (mahasiswa, dosen senior, peneliti, akademisi, dan pegawai administrasi), penelitian dan seminar internasional, pertukaran informasi akademik dan kerja sama di bidang lainnya.

Kesepakatan kerja sama antara UIN Jakarta dan EUT tertuang dalam memorandum of understanding  yang ditandatangani pada 2013 oleh Komarudin Hidayat, saat menjabat Rektor UIN Jakarta periode 2006-2015 dan Abdul Jalil Salam, Rektor EUT periode 2013-2017.

Dede Rosyada, Rektor UIN Jakarta, mengatakan MoU tersebut masih berlaku hingga 2018 sehingga tidak perlu mengadakan kesepakatan baru dan sebagai tindak lanjutnya UIN Jakarta akan mengirim beberapa mahasiswa untuk belajar di EUT.

“Kami akan kirim beberapa mahasiswa untuk belajar di sana selama 3-4 semester, begitu pula sebaliknya, diharapkan pihak EUT mengirimkan pelajarnya dengan komposisi yang sama,” katanya, Kamis (8/11/2016).

Dia dalam situs resminya menjelaskan mahasiswa yang akan dikirim harus memiliki bekal bahasa Arab memadai, yang antara lain datang dari Fakultas Dirasat Islamiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, serta Fakultas Adab dan Humaniora.

“Ketiga fakultas itu yang paling representatif untuk mengirimkan mahasiswanya ke EUT,” ujarnya seusai menerima kunjungan Rektor EUT, Hichem Grissa didampingi Dekan Fakultas Ushuludin dan Direktur Ma’had Ali Ez-Zitouna University, Ilyess Goissem

EUT merupakan universitas modern di Montfleury, Tunis yang didirikan oleh Zine El Abidine Ben Ali pada 26 April 1956. Kini memiliki 12.000 mahasiswa dengan 90 fakultas, antara lain Fakultas Teologi, Fakultas Studi Islam dan Peradaban Islam serta Fakultas Hukum Islam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jakarta mahasiswa UIN Jakarta
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top