Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Akbar: Pencopotan Akom Bisa Picu Konflik Baru di Golkar

Mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar Akbar Tandjung mengatakan bahwa keputusan partai itu mencopot Ade Komarudin (Akom) dengan mengembalikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR akan memicu konflik baru.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 23 November 2016  |  19:20 WIB
Akbar Tanjung - Antara
Akbar Tanjung - Antara

Kabar24.com, JAKARTA—Mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar Akbar Tandjung mengatakan bahwa keputusan partai itu mencopot Ade Komarudin (Akom) dengan mengembalikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR akan memicu konflik baru.

“Keputusan ini bahkan bisa menimbulkan konflik baru,” ujar Akbar, Rabu (23/11/2016).

Menurutnya, di tengah upaya Golkar melakukan konsolidasi untuk memenangkan Pilkada serentak maupun Pemilu 2019, konflik baru itu akan melemahkan Golkar sendiri.

DPP Partai Golkar, ujarnya, seharusnya tidak mengambil keputusan itu secara sepihak tanpa membicarakannya dengan para senior Partai Golkar.

“Pengambilan keputusan yang begitu penting terkait ketua DPR menurut saya seharusnya tidak diputuskan sendiri oleh DPP Partai Golkar tanpa meminta saran dari para senior,” ujarnya.

Dia menyarankan agar pendapat Dewan Pembina, Dewan Pertimbangan dan Dewan Penasehat dipertimbangakn dalam membuat setiap keputusan penting.

“Kalau tidak ada kesepakatan penuh dari seluruh stake holder Partai Golkar maka ini bisa menimbulkan masalah dan konflik baru,” ujar Akbar.

Pada bagian lain, Akbar mengungkapkan bahwa untuk pergantian Ketua DPR, Partai Golkar juga tidak bisa memutuskan hal ini sendirian. Namun harus melibatkan partai lainnya di DPR dengan alasan yang kuat.

Menurut Akbar Novanto berhenti karena dia menyatakan mundur dan dianggap itu adalah keputusan sukarela. Makanya DPP harus mencari alasan yang kuat kenapa posisi ketua DPR harus diberikan kembali kepada Novanto, ujarnya.

“Alasan ini harus bisa diterima oleh partai lain maupun masyarakat umum,” ujar Akbar yang juga mantan Ketua HMI tersebut.

Akbar juga mengingatkan kepada DPP Partai Golkar bahwa Akom bagaimanapun adalah orang lama yang dedikasi dan loyalitasnya terhadap partai telah terbukti. Apalagi Ade telah merintis karir politik dari bawah, ujarnya.

”Ade Komarudin itu kader lama, beberapa kali jadi anggota DPR juga. Loyalitas dan dedikiasinya untuk Partai Golkar selama ini tidak perlu diragukan lagi,” ujarnya.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

partai golkar akbar tanjung
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top