Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Minimalkan Kegagalan Produk, Industri Diminta LIPI Perhatikan SNSU

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia meminta para pelaku industri di Sumatra Utara memerhatikan metrologi dan kalibrasi sebagai Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) produk.
Ilustrasi/JIBI
Ilustrasi/JIBI

Bisnis.com, MEDAN — Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia meminta para pelaku industri di Sumatra Utara memerhatikan metrologi dan kalibrasi sebagai Standar Nasional Satuan Ukuran (SNSU) produk.

Pasalnya, menurut Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Bambang Subiyanto, kedua hal tersebut menjadi kunci peningkatan mutu produksi di Indonesia.

Kedua ukuran tersebut penting bagi konsumen karena menentukan selisih waktu dan ukuran produk. Juga dapat meminimalisasi kegagalan produksi.

“Semua bidang industri wajib mendaftarkan kalibrasi dan metrologi untuk produksi. Pengecekannya minimal 1 tahun sekali. Misalnya, otomotif kan banyak komponennya seperti baut.

Kalau ada selisih ukuran sedikit saja, menjadi masalah karena sudah tidak sesuai,” ujar Bambang, Senin (21/11/2016).

Selain otomotif, industri lain yang membutuhkan metrologi dan kalibrasi yakni kesehatan. Dia mencontohkan, untuk produksi alat pengukur tekanan darah atau gula darah.

Menurut Kepala Pusat Penelitian Metrologi LIPI Mego Pinandito, hingga saat ini masih banyak pelaku industri yang belum mengerti benar mengenai metrologi dan kalibrasi.

Oleh karena itu, pihaknya terus menggelar sosialisasi ke beberapa daerah, salah satunya di Medan.

“Masih banyak kami temukan di lapangan kesalahan mendasar mengenai kegiatan pengukuran oleh industri. Ini akan berdampak kepada masih rendahnya mutu produksi,” pungkas Mego.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper