Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tersangka Kasus PLTP Dieng-Patuha Dilimpahkan ke Kejari

Kasus dugaan penipuan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Dieng-Patuha mengalami perkembangan setelah Bareskrim Polri melimpahkan tersangka ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.
Rio Sandy Pradana
Rio Sandy Pradana - Bisnis.com 26 Oktober 2016  |  05:42 WIB
Ilustrasi. - .
Ilustrasi. - .

Kabar24, JAKARTA--Kasus dugaan penipuan proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) di Dieng-Patuha mengalami perkembangan setelah Bareskrim Polri melimpahkan tersangka ke Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan.

Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan (Kajari Jaksel) Sarjono Turin mengaku telah menerima pelimpahan tahap kedua tersangka mantan Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (GDE) Samsudin Warsa serta barang buktinya.‎

"‎Betul sudah pelimpahan tahap kedua, selanjutnya kami akan meneliti berkas tersebut," kata Sarjono, Selasa (25/10/2016).

Dia menambahkan tersangka sudah dijadikan tahanan kota. Dirinya masih menunggu jaksa yang akan meneliti berkas perara tersebut untuk dimintai pendapatnya.

‎Dalam surat per September 2016, Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum (Jampidum) menyatakan berkas penyidikannya sudah lengkap. Bahkan, kejaksaan telah meminta Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri untuk menyerahkan bukti dan tersangka untuk segera dilimpahkan ke pengadilan.

Sementara itu, ‎kuasa hukum PT Bumigas Energi (BGE) Bambang Siswanto berharap penegak hukum bisa mengusut lebih dalam lagi kasus tersebut.‎ Kemungkinan banyak pihak lain yang turut serta dalam dugaan penipuan tersebut.

"Semoga aparat hukum bisa bertindak cepat setelah pelimpahan ini, jangan sampai kasus tersebut berlarut-larut," ujarnya.

‎Secara terpisah, kuasa hukum tersangka Imam Haryanto belum bisa dimintai keterangan. Pesan singkat maupun panggilan telepon tidak mendapatkan respons.

‎Laporan No: LP/ 873/ XI/ 2012/ Bareskrim tersebut bermula saat disepakatinya perjanjian Proyek PLTP Dieng-Patuha dalam perjanjian Dieng and Patuha Geothermal Project Development No. KTR 001/GDE/II/2005 antara GDE dengan BGE pada 1 Februari 2005.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tersangka
Editor : Linda Teti Silitonga
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top