Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gubernur Alex Noerdin Ajak Semua Pihak Berantas Pungli

Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin mengajak seluruh pihak mulai dari instansi pemerintah, swasta dan masyarakat untuk berbenah mengatasi maraknya aksi pungutan liar atau pungli.
Alex Noerdin/Antara
Alex Noerdin/Antara

Kabar24.com, PALEMBANG - Gubernur Sumatra Selatan Alex Noerdin mengajak seluruh pihak mulai dari instansi pemerintah, swasta dan masyarakat untuk berbenah mengatasi maraknya aksi pungutan liar atau pungli.

Menurut Alex, memberantas tindakan pungli di instansi pemerintah, TNI, Polri dan lainnya menjadi salah satu fokus utama khususnya instansi yang bersinggungan langsung dengan pelayanan kepada masyarakat.

“Pungli masalah yang sangat berat, sangat besar dan tidak akan bisa diatasi kalau tidak dilakukan bersama, jadi saya mengajak semua stakeholder untuk berbenah dan berhati-hati jangan sampai terjebak aksi pungli,” ungkap Alex saat dalam siaran pers acara Coffee Morning dengan FKPD, pimpinan redaksi, wartawan, LSM, media cetak elektronik dan instansi terkait Kamis (20/10/2016).

Alex mengatakan sebetulnya pungli bisa terjadi di mana saja dan di tiap tingkatan, bukan hanya di aparat pemerintah bahkan di kehidupan sehari-hari baik di swasta, sipil dan lainnya.

Lingkup Pemprov Sumsel, kata Alex, langkah antisipasi terus dilakukan. Salah satunya dirinya sudah mengumpulkan seluruh SKPD menginstruksikan untuk berhati-hati dalam bekerja, jangan sampai terjebak dalam aksi pungli dengan cara terus berbenah di masing-masing SKPD.

“Kalau ada yang terlibat pungli, tindakan pertama akan kami ingatkan, kedua kami peringati. Kalau masih terulang apa boleh buat akan kami tindak tegas,” katanya.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Djoko Prastowo mengajak seluruh jajarannya untuk untuk tidak terlibat aksi pungli. Menurutnya, sampai saat ini kepolisian masih menjadi salah satu sorotan terkait maraknya aksi pungli di masyarakat.

Dia menjelaskan dalam waktu dekat akan dikeluarkan Keputusan Presiden (Kepres) tentang Tim Sapu Bersih (Saber) yang merupakan gabungan dari kementrian dan lembaga untuk mengatasi pungutan liar di seluruh wilayah Indonesia.

"Ke depan kami ingin lebih baik, terkait masih adanya anggota yang nakal akan diinstruksikan melalui masing-masing pimpinan, tindakan tegas akan kami berikan kalau ada anggota yang terlibat pungli, komitmen kami semua setop pungli di seluruh jajaran," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dinda Wulandari

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper