Mengenalkan Kembali Dongeng Bagi Anak

Aktivitas mendongeng kepada anak mulai langka sekarang ini. Padahal, aktivitas mendongeng penting bagi tumbuh kembang anak
Azizah Nur Alfi | 02 Oktober 2016 05:13 WIB
Pementasan dongeng Timun Mas di Jakarta. - .Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Aktivitas mendongeng kepada anak mulai langka sekarang ini. Padahal, aktivitas mendongeng penting bagi tumbuh kembang anak.

Pendongeng Gery Puraatmadja mengatakan sudah terbukti secara ilmiah bahwa mendongeng dapat memicu imajinasi anak.

Sebab, sebuah cerita dapat membawa pada fantasi dan pentualangan. Ketika membaca atau mendengarkan cerita, maka kita berubah menjadi cerita tersebut seperti menangis, tertawa, dan bernyanyi bersama dengan orang yang ada dalam cerita tersebut.

Selain itu, dongeng membantu untuk menstimulasi rasa ingin tahu, dan membantu perkembangan otak. Dongeng seperti Bawang Merah Bawang Putih, Si Kancil, Timun Mas, Kelinci dan Kura-kura, Cinderella, Red Riding Hood, dan Pinocchio merupakan cerita-cerota yang telah memberi pelajaran tentang hidup dan perbedaan baik dan buruk.

"Saat ini dengan hidup yang dipenuhi dengan berbagai hal serba teknologi dan anak-anak yang lahir di era digital, seni mendongeng menjadi semakin langka. Hal ini sangat disayangkan," tutur pendongeng yang akrab disapa Paman Gery.

Roadshow Greenfields Milk Truck #LoveAt1stTaste membawa pesan menanaman kembali kebiasaan mendongeng untuk anak. Head Marketing PT. AustAsia Food Endang Wijayaningsih mengatakan cerita membantu anak mengerti tentang nilai-nilai kehidupan. Akan lebih mudah membuat anak mengerti tentang sesuatu melalui bercerita.

"Ini adalah salah satu alasan mengapa kami membawa pertunjukkan boneka kedalam roadshow ini," tuturnya seperti dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Sabtu (1/10/2016).

Tag : Dongeng
Editor : Linda Teti Silitonga

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top