Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Atasi Kejahatan Transnasional, RI-Vietnam Gelar Dialog Keamanan

Pemerintah Indonesia dan Vietnam mengadakan dialog keamanan pertama yang bertujuan untuk memperkuat kerja sama dalam mengatasi kejahatan transnasional, seperti disampaikan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 09 September 2016  |  13:13 WIB
Petugas kepolisian menghadirkan tersangka dan menunjukkan barang bukti narkoba saat gelar perkara jaringan narkoba Malaysia-Indonesia di Jakarta, Jumat (19/2). Direktorat Tindak Pidana Naroba Bareskrim Polri berhasil mengungkap sindikat narkoba jenis ekstasi jaringan Malaysia-Indonesia dengan mengamankan tujuh tersangka dan 40 ribu butir ekstasi senilai Rp24 miliar.  - ANTARA
Petugas kepolisian menghadirkan tersangka dan menunjukkan barang bukti narkoba saat gelar perkara jaringan narkoba Malaysia-Indonesia di Jakarta, Jumat (19/2). Direktorat Tindak Pidana Naroba Bareskrim Polri berhasil mengungkap sindikat narkoba jenis ekstasi jaringan Malaysia-Indonesia dengan mengamankan tujuh tersangka dan 40 ribu butir ekstasi senilai Rp24 miliar. - ANTARA

Kabar24.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Vietnam mengadakan dialog keamanan pertama yang bertujuan untuk memperkuat kerja sama dalam mengatasi kejahatan transnasional.

Pertemuan Pertama Dialog Keamanan antara Polri dan Kementerian Keamanan Umum (Ministry of Public Security/MPS) Vietnam berlangsung di Hanoi pada 7 September 2016.

Delegasi Polri dipimpin oleh Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Komisaris Jenderal Polisi Ari Dono Sukmanto. Sementara itu, delegasi Vietnam dipimpin oleh Deputi Direktur Jenderal Kementerian Keamanan Umum Vietnam, Letjen Duong Minh Hung.

"Dialog ini merupakan upaya kita meningkatkan kerja sama dengan negara-negara tetangga, termasuk Vietnam, dalam menghadapi situasi di kawasan dan tindak kejahatan lintas negara yang berdampak terhadap keamanan dan ketertiban umum," kata Kabareskrim Polri Ari Dono Sukmanto, seperti disampaikan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat (9/9/2016).

Dia berharap dialog keamanan kedua negara itu berharap hal ini dapat membantu dalam menghadapi tantangan terkait kejahatan lintas neagar di kawasan Asia Tenggara.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak mengevaluasi dan sepakat bekerjasama meningkatkan pertukaran informasi tentang masalah keamanan, ketertiban, dan keselamatan serta mendorong langkah-langkah untuk menghasilkan capaian dalam kerja sama Polri dengan Kementerian Keamanan Umum Vietnam pada semua aspek.

Selain itu, Polri dan Kementerian Keamanan Umum Vietnam juga bertukar pengalaman dalam upaya pencegahan dan pemberantasan kejahatan transnasional, seperti perdagangan orang, peredaran narkoba, perompakan di laut, terorisme, dan sejumlah isu keamanan lain yang menjadi kepentingan bersama.

Kedua pihak juga sepakat untuk memperbarui Nota Kesepahaman Kerja Sama dalam Pencegahan dan Pemberantasan Kejahatan, yang pernah dibuat pada 2005. Nota kesepahaman yang diperbarui itu ditargetkan untuk selesai sebelum akhir 2016.

Dialog Keamanan RI-Vietnam tersebut merupakan pelaksanaan salah satu kesepakatan Komisi Bersama kedua negara pada Juni 2015, di mana menteri luar negeri kedua negara berpandangan bahwa dialog di bidang keamanan penting bagi Indonesia dan Vietnam.

Pentingnya kerja sama di bidang keamanan tersebut juga ditekankan kembali dalam kunjungan Menteri Keamanan Umum Vietnam ke Indonesia yang diterima oleh Wakil Presiden RI pada 24-25 Juni 2016. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kejahatan transnasional

Sumber : Antara

Editor : Yusuf Waluyo Jati

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top