Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUAP REKLAMASI: Bos Agung Sedayu Grup Aguan Keberatan 15%

Pemilik Agung Sedayu Grup Sugianto Kusuma alias Aguan keberatan dengan besaran kontribusi tambahan sebesar 15 persen dari nilai NJOP total lahan yang dijual dalam Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara (Pantura) Jakarta (RTRKSP).
Chairman Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan (tengah)./Antara
Chairman Agung Sedayu Group Sugianto Kusuma alias Aguan (tengah)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Pemilik Agung Sedayu Grup Sugianto Kusuma alias Aguan keberatan dengan besaran kontribusi tambahan sebesar 15%  dari nilai NJOP total lahan yang dijual dalam Raperda tentang Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara (Pantura) Jakarta (RTRKSP).

"Saya bukan tidak setuju Pak. Jangan nanti pers tulis saya tidak setuju. Saya tidak menolak, tapi saya keberatan. Saya iyakan itu (kontribusi tambahan) 15%, cuma cukup berat untuk investasi, kalau tanah kita naik 100%, baru bisa," kata Aguan di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Rabu (7/9/2016).

Aguan menjadi saksi untuk mantan Ketua Komisi D dari fraksi Partai Gerindra Mohamad Sanusi yang didakwa menerima suap Rp2 miliar dari Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land Ariesman Widjaja terkait pembahasan RTRKSP dan melakukan pencucian uang sebesar Rp45,28 miliar.

Uang suap itu digunakan agar Sanusi mengubah isi raperda mengenai kontribusi tambahan yang terdapat pada pasal 116 ayat (6) mengenai kewajiban pengembang yang terdiri dari (a) kewajiban, (b) kontribusi, (c) tambahan kontribusi; dan pasal 116 ayat (11) mengenai tambahan kontribusi dihitung sebesar 15% dari NJOP total lahan yang dapat dijual tahun tambahan kontribusi tersebut dikenakan.

"Kalau 5%, saya tidak keberatan, dari Keputusan Presiden pertama sudah tertera 5%. PKS (Perjanjian Kerja Sama)  1997 zaman Pak Suryadi (Suryadi Sudirdja, mantan gubernur DKI Jakarta), angka 5% sudah ada," ungkap Aguan.

Anak perusahaan Agung Sedayu Grup adalah PT Kapuk Naga Indah (KPI) yang memiliki izin pelaksanaan reklamasi di pulau A, B, C, D dan sudah melakukan reklamasi tersebut. Namun, menurut Aguan, PT KPI tetap berkomitmen melakukan pembangunan fasilitas umum seperti rumah susun dan jalan inspeksi yang diminta oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang bertemu dengan para pengembang pada 2013.

"Hitungan dagang saya memang cukup berat. Tapi untuk kita PT KNI kita 'comit' untuk bangun. Jadi untuk pembangunan rusun bukan pertama kali kita bangun. Sudah ada 1700-an unit rusun. Agung Podomoro bangun separuh, saya bangun separuh di Muara Baru selain itu saya bangun jalan inspeksi Rp40 miliar," tambah Aguan.

Meski punya komitmen, Aguan mengaku tidak membuat perjanjian tertulis dengan Pemda DKI. "Saya tidak ada 'teken' dengan pemda DKI. DKI dengan Podomoro dan Intiland bangun a, b, c, d. Saya dikasih saya bangun duluan, itu masuk ke dalam kewajiban," ungkap Aguan.

Dalam perkara ini Sanusi didakwakan pasal 12 huruf a atau pasal 11 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Atas UU No. 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi yang mengatur tentang pegawai negeri atau penyelenggara negara yang menerima hadiah dengan hukuman maksimal 20 tahun penjara dan denda paling banyak Rp1 miliar.

Adapun dalam dakwaan kedua, didakwa menyamarkan harta kekayaan sejumlah Rp45,28 miliar yang diduga berasal dari tindak pidana korupsi selaku anggota Komisi D periode 2009-2014 dan 2014-2019 dengan dakwaan pasal 3 UU No 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang jo pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat (1) KUHP mengenai tindak pidana pencucian uang aktif dengan ancaman penjara maksimal 20 tahun dan denda Rp10 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper