Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Dewan Pers Minta Lembaga Swasta dan Pemerintah Tolak Wartawan Aba-abal

Dewan Pers Indonesia meminta lembaga dan institusi pemerintah berani menolak wartawan dan media yang tidak jelas untuk mencegah praktik jurnalistik dan pemberitaan yang tidak benar.
Ilustrasi wartawan/istimewa
Ilustrasi wartawan/istimewa

Kabar24.com, SEMARANG - Dewan Pers Indonesia meminta lembaga dan institusi pemerintah berani menolak wartawan dan media yang tidak jelas untuk mencegah praktik jurnalistik dan pemberitaan yang tidak benar.

Ketua Dewan Pers Stanley Adi Prasetyo imbauan itu disampaikan, menyusul banyaknya pemberitaan yang tidak kredibel, sehingga meresahkan masyarakat. Media abal-abal seperti itu, yang sampai memeras harus berani ditolak, katanya, kalau perlu dilaporkan ke polisi.

“Kehumasan di SKPD juga harus berani menolak jangan kemudian malah diladeni dan dikasih amplop sangu,” papar Stanley dalam acara Indonesia Public Relations Awards & Summit (IPRAS) & Indonesia Media Research Awards & Summit (IMRAS) Award 2016 di Semarang, Rabu (31/8/2016) malam.

Stanley mengingatkan agar setiap jurnalis memiliki sertifikasi kewartawanan, sehingga dalam melakukan tugas peliputan sudah diakui kompetensinya. Sertifikat wartawan juga akan memberikan penanda bagi media, bahwa medianya sudah melalui uji penilaian, sesuai standar kantor berita.

Menurutnya, media abal-abal dan wartawan abal-abal itu cuma ada di Indonesia. Bahkan sampai ada yang meniru institusi lembaga resmi indonesia. Seperti KPK (Koran Penelusuran Kasus) dan BIN (Berita Investigasi Nasional) lengkap dengan kartu pers anggota dan logo yang mirip punya KPK dan BIN yang asli.

“Kalau bertemu yang seperti itu mending ditolak saja,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan paradigma bad news is a good news harus mulai diubah. Sebab, informasi yang bagus pun memiliki nilai berita yang bisa mengedukasi masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khamdi
Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper