Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Arcandra Tahar Berpeluang Masuk Kembali ke Pemerintahan

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar punya peluang bergabung kembali ke pemerintahan. Sebelum itu, Arcandra diminta memperjelas kewarganegaraannya.
Arcandra Tahar/Antara
Arcandra Tahar/Antara

Kabar24.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra Tahar punya peluang bergabung kembali ke pemerintahan. Sebelum itu, Arcandra diminta memperjelas kewarganegaraannya.

"Tentu nanti ada upaya untuk menyelesaikannya," kata Kalla di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (18/8/2016).

Meski demikian, Kalla menyatakan, bukan berarti akan ada kelonggaran dari sisi peraturan atau undang-undang. Perubahan undang-undang memerlukan koordinasi dengan Dewan Perwakilan Rakyat. Pemerintah, kata dia, tengah membicarakan persoalan dwi kewarganegaraan.

Di sisi lain, persoalan dwi kewarganegaraan di mata Kalla lumrah terjadi di era global. Ia mengatakan ada pergerakan orang-orang berbakat dari negara berkembang ke negara maju. Salah satu tujuannya ialah untuk mencari pengalaman. Sebagian dari mereka ada yang memilih kembali ke Tanah Air, tapi ada juga yang menjadi warga negara setempat.

Kalla menambahkan, selama kewarganegaraan Arcandra Indonesia, ia mempunyai peluang kembali ke pemerintahan.

"Tentu terbuka bagi dia," kata dia.

Kemarin, saat mendatangi Istana Merdeka, Arcandra mengatakan seusai tak menjabat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, ia ingin menetap di Jakarta. Dia menegaskan kalau dirinya adalah orang Indonesia.

Namun, apakah ingin kembali ke pemerintahan karena Arcandra berkontribusi untuk Indonesia, Kalla menganggap Arcandra tak harus menjadi menteri.

"Apakah harus jadi menteri? Kan enggak. Yang penting lakukan yang terbaik," kata Kalla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper