Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Guru Swasta Jateng Tolak Wacana Full Day School

Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI) Jawa Tengah menolak penerapan wacana sistem belajar sehari penuh di sekolah (full day school) yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang baru.
Sejumlah pelajar sekolah dasar (SD) melewati tanah berlumpur di Tanah Taban, Nagari Baringin, Palembayan, Agam, Sumatera Barat/Antara
Sejumlah pelajar sekolah dasar (SD) melewati tanah berlumpur di Tanah Taban, Nagari Baringin, Palembayan, Agam, Sumatera Barat/Antara

Kabar24.com, SEMARANG--Persatuan Guru Swasta Indonesia (PGSI) Jawa Tengah menolak penerapan wacana sistem belajar sehari penuh di sekolah (full day school) yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy karena dinilai membahayakan dunia pendidikan.

"Full day school justru membahayakan pendidikan karena secara psikologis dan sosial banyak mudharatnya," kata Ketua PGSI Jawa Tengah Muh Zen Adv di Semarang, Selasa.

Ia memaparkan bahwa sikap penolakan penerapan "full day school" itu didasari pada hasil uji coba penerapan sistem belajar lima hari sekolah di Jateng yang dinilai tidak efektif.

"Hasil evaluasi lima hari sekolah di Jateng menyebutkan 80 persen kegiatan belajar mengajar tidak efektif dan materi pelajaran yang diberikan pada siswa setelah pukul 13.00 WIB tidak bisa diserap secara maksimal," ujarnya.

Pria yang juga menjabat anggota Komisi E DPRD Jateng itu menilai bahwa sistem belajar "full day school" tidak efektif untuk kegiatan belajar mengajar karena banyak faktor pendukung yang belum siap jika wacana tersebut diterapkan.

"Tidak semua orang tua siswa bekerja sebagai PNS atau kantoran, standar pelayanan minimal sarana dan prasarana sekolah juga belum memadai, apalagi transportasi menuju sekolah di desa atau pinggir perkotaan belum mendukung sampai sore," katanya.

Selain itu, kata Zen, penerapan "full day school" bisa mematikan pendidikan keagamaan sore seperti tempat pendidikan Alquran.

"Lebih baik Mendikbud fokus pada peningkatan kualitas guru karena saat ini masih ada sekitar 40 persen guru yang belum S1 dan persebaran guru PNS juga bermasalah," ujarnya.

Sebelumnya, Mendikbud Muhadjir Effendy menggagas pendidikan dasar (SD dan SMP), baik negeri maupun swasta, menggunakan sistem "full day school" agar anak tidak sendiri ketika orang tua mereka masih bekerja.

"Dengan sistem 'full day school' ini secara perlahan anak didik akan terbangun karakternya dan tidak menjadi 'liar' di luar sekolah ketika orang tua mereka masih belum pulang dari kerja," katanya di Malang, Minggu (7/8).

Menurut Muhadjir, kalau anak-anak tetap berada di sekolah, mereka bisa menyelesaikan tugas-tugas sekolah dan mengaji sampai dijemput orang tuanya usai jam kerja.

"Dan, anak-anak bisa pulang bersama-sama orang tua mereka, sehingga ketika berada di rumah, mereka tetap dalam pengawasan, khususnya orang tua," katanya.

Menyinggung penerapan "full day school" bagi pendidikan dasar tersebut, mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu mengatakan saat ini masih terus dilakukan sosialisasi di sekolah-sekolah, mulai di pusat hingga di daerah.

"Nantinya memang harus ada payung hukumnya, yakni peraturan menteri, tapi untuk saat ini masih sosialisasi terlebih dahulu secara intensif," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper