Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

H-2 Lebaran, Sebagian Besar Provinsi Berpotensi Diguyur Hujan

Hari raya Lebaran tersisa 2 hari lagi. Para pemudik pun semakin ramai menuju kampung halaman. Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat perlu memerhatikan kondisi cuaca agar aman dalam perjalanan
Prakiraan Cuaca
Prakiraan Cuaca

Bisnis.com,JAKARTA--Hari raya Idulfitri tinggal 2 hari lagi. Para pemudik pun masih ramai menuju kampung halaman. Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua ataupun empat perlu memerhatikan kondisi cuaca agar aman dalam perjalanan.

Pasalnya, Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hari ini hingga besok sebagian besar wilayah Indonesia bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga tinggi.

Berdasarkan situs milik BMKG, kota yang berpotensi diguyur hujan lebat disertai petir adalah Bandar Lampung. Sementara itu, hujan ringan hingga sedang diprediksi terjadi di kota-kota seperti Jakarta, Bandung, Samarinda dan Palu.

Untuk kota besar seperti Yogyakarta, Kendari dan Makassar diprediksi mendung. Sedangkan Banda Aceh, Padang dan Denpasar diperkiran bakal cerah.

Suhu udara berkisar antara 21 derajat Celcius hingga 34 derajat Celcius dengan kelembaban udara antara 56% sampai 96%.

Pada Jumat pekan lalu, BMKG juga merilis siaran pers mengenai adanya peningkatan kecepatan angin timuran hingga 50 km/jam di beberapa wilayah perairan Indonesia bagian tengah dan timur.

Angin ini dapat memicu pertumbuhan gelombang tinggi yang akan berdampak pada proses arus mudik angkutan lebaran melalui jalur laut. Sedangkan untuk selatan Jawa  hingga NTB masih terpantau terjadi gelombang tinggi yang didominasi penjalaran swell (alun) yang dibangkitkan dari pusat tekanan tinggi subtropis di Samudera Hindia sebelah barat Australia.

Potensi gelombang tinggi > 2 meter diprakirakan akan terjadi di perairan Indonesia selama puncak arus mudik 1-5 Juli 2016.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Abdul Rahman
Editor : Lutfi Zaenudin

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper